Wednesday, May 10, 2017

Operasi Barbarossa, Kegagalan Jerman Menguasai Uni Soviet




Operasi ini dimulai pada 22 Juni 1941 ketika Hitler memerintahkan tentara Jerman menyerbu Uni Soviet. Tiga juta tentara serta tiga ribu tank dikerahkan demi menggempur Soviet. Operasi ini merupakan salah peristiwa terpenting dalam Perang Dunia II.

Dengan mengerahkan kekuatan terbaik pasukannya, mereka meremehkan pihak lawan dan kondisi alam. Mereka kebetulan juga tidak mempersiapkan perbekalan dengan baik. Hitler tidak belajar mengenai kesalahan tokoh sebelumnya yang berupaya menguasai Soviet.

Saat awal operasi berlangsung, tentara Jerman unggul dan berhasil menembus pertahanan Soviet. Panzer-panzer yang dikerahkan menyerbu kota Minsk dan Smolenks. Tank-tank juga berhasil menempuh dua pertiga jarak menuju Moskow dan Leningrad. Upaya mereka hampir berhasil, namun karena perbekalan yang terputus pihak Soviet mulai bisa melawan Jerman.

Cuaca yang ekstrim juga menjadi factor pembantu Soviet. Badai salju yang ekstrem menerjang tentara Jerman. Salju yang turun di bulan November membuat medan semakin sulit dilalui oleh tank dan panzer Jerman. Seragam militer Jerman yang tidak didesain menghadapi cuaca ekstrem Soviet membuat banyak tentara mati kedinginan. Para jenderal Nazi kemudian menyarankan agar upaya 
penyerangan Soviet dihentikan saja.

Hitler pun tidak bergeming dan terus memerintahkan tentara Jerman terus maju menggempur. Namun serangan balasan Soviet membuat pihak Jerman kesulitan. Usaha Jerman di ambang kegagalan dan pada Maret 1942 akhirnya operasi ini dihentikan oleh Jerman. 

Anda bisa menyaksikan penjelasan bagaimana Operasi Barbarosa dalam tayangan yang kami sediakan. 


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon