6 Sejarawan Kuno Dunia Terkemuka

Foto: ltkcdn.net

Harian Sejarah - Beberapa peradaban besar kuno ini telah mencatatatkan masa lalu yang dapat ditulis. Namun, disiplin sejarah dalam bentuk modern tidak akan muncul sampai orang-orang Yunani, serta orang-orang Romawi , dan Cina mulai melakukan sebuah penelitian yang besar. Sebuah bentuk sekulerisasi peristiwa yang membuat setidaknya beberapa upaya untuk memisahkan fakta dari mitos. 

-1-
Herodotus


Dijuluki sebagai "bapak sejarah," Herodotus digambarkan dengan dasarnya menciptakan genre, asal-usul yang terletak di epos dan catatan perjalanan. Dalam karyanya, "The Histories," dibermaksud pada awal niatnya untuk "mencegah terhapusnya jejak sejarah manusia oleh waktu." Dia kemudian mendalam secara rinci mengenai ekspansi Kekaisaran Persia dan bentrokan berikutnya dengan negara-kota Yunani di abad 5 SM. 

Sementara juga menambahkan dalam selain dari kabar yang berkembang, seperti tuduhan bahwa perempuan Mesir buang air kecil berdiri. Menahan kritik dari Aristoteles dan Plutarch, antara tokoh-tokoh lainnya, "The Histories" yang tetap bersumber pada Perang Yunani-Persia. Meskipun Orang Yunani, Herodotus lahir sekitar 485 SM di masa kini Turki, yang kemudian di bawah kekuasaan Persia. Sedikit yang diketahui tentang hidupnya, selain itu ia tampaknya mendapatkan popularitas yang luas biasa di Athena dan kemudian bergabung dengan koloni Athena yang disponsori oleh Italia selatan.

-2-
Thucydides

Seorang aristokrat Athena yang setidaknya sebagian dari kekayaannya umumnya berasal dari pertambangan emas, Thucydides disajikan secara singkat sebagai seorang Jenderal selama Perang Peloponesos. Dia diasingkan dari Athena, bagaimanapun, karena gagal mencegah persaigan Sparta untuk menguasai sebuah kota utama, dan setelah itu mengalihkan perhatian untuk mencatatat konflik yang menghancurkan, yang terjadi sekitar 431-404 SM dengan memiliki sumber yang wawancara dari kedua belah pihak. 

Thucydides relatif obyektif dalam mengawali tulisan pertamanya, berjudul "Sejarah Perang Peloponnesia." Dia apa lagi menghindari suatu sensasi dari Herodotus, kontemporer tua, dan termasuk banyak sedikit referensi untuk para dewa. Sayangnya, teks berakhir tiba-tiba di 411 SM-mungkin karena kematiannya, meninggalkannya sebuah catatan untuk sejarawan Yunani lainnya untuk merekam tahap akhir kemenangan Sparta atas Athena.

-3-
Livy

Sebagai bagian bentuk yang terpisahkan dari kebudayaan Yunani, Romawi juga mengembangkan daya tariknya terhadap sejarah. Namun semua sejarawan awal mereka pada dasarnya amatiran, baik politisi, atau pejabat militer yang menulis di waktu luang mereka. Tidak ada waktu yang cuku bagi sejarawan Romawi untuk muncul sampai masa pemerintahan Kaisar Augustus, ketika Titus Livius, lebih dikenal sebagai Livy, menulis 142 buku yang menakjubkan (hanya 35 yang masih bertahan). 

Meskipun lahir di masa kini Padua di Italia utara, Livy pindah ke Roma dan mulai bekerja, segera setelah perang saudara mematikan terjadi pada 31 SM. Tidak seperti Herodotus dan Thucydides, ia tidak ragu-ragu untuk menutupi masa lalu, dimulai bahkan sebelum seharusnya berdirinya Roma pada 753 SM dan dari sana perlahan membuat jalan melalui delapan abad berikutnya. Mungkin yang paling terkenal karena deskripsi umum tentang Hannibal Kartago, legenda menyatakan bahwa seorang pria setelah berangkat sepanjang jalan dari Cádiz, Spanyol, hanya untuk dapat melihat dia.

-4-
Tacitus

Lahir sekitar 56 Masehi, disekitar Gaul selatan (sekarang bagian tenggara Prancis), Tacitus pindah ke Roma pada pertengahan tahun 70-an Masehi dan memulai karir dalam politik dan hukum. Dengan bantuan ayah mertuanya dalam hubungan politik, dia terus naik melalui pangkat resmi, menjadi senator dan konsul sementara juga mendapatkan ketenaran sebagai orator dan jaksa. Pengejaran ini, bagaimanapun, semua akan berakhir mengambil kursi belakang untuk menulis. 

Pada 98 Masehi, dia menulis karya pertamanya yang dikenal sebagai biografi ayah mertua dan studi etnografi dari suku Jerman suku, serta dijalanjutkan sampai dengan penulisan buku tentang pidato. Tacitus kemudian berbalik ke sejarah, menyelesaikan satu penulisan provokatif dari dinasti Flavianus dan lain dari dinasti Julio-Claudian yang mengambil tepat di mana Livy tinggalkan. Seorang kritikus kekuasaan mutlak yang mengambil menembaki beberapa kaisar Romawi, "senyawa sejarah dan moralitas" nya akan mendorong Thomas Jefferson untuk memanggilnya "penulis pertama di dunia tanpa terkecuali."

-5-
Sima Qian


Tanpa sepengetahuan orang-orang Yunani dan Romawi, Cina secara bersamaan mengembangkan tradisi mereka sendiri dalam sastra dan sejarah, contoh terbaiknya adalah dalam karya Sima Qian, yang sering disebut orang Herodotusnya Cina. Ditunjuk sebagai sejarawan agung dan peramal pasca kematian ayahnya, yang memegang jabatan yang sama, Sima Qian melakukan sesuatu hal pertama yang pertama kali tercatatat di dalam sejarah universal China dan sekitarnya, berjudul "Shiji (Rekaman Sejarah)." 

Sama seperti Livy, ia mulai dengan bagaimana seharusnya peradaban berdiri, legendaris Kaisar Kuning sebagai dasarnya Cina yang setara dengan Romulus dan melanjutkan ke dalam waktu itu sendiri. Proyek monumentalnya hampir saja dibatalkan di 99 SM, ketika ia memancing amarah kaisar. Ia Diberikan pilihan hukuman, Sejarawan itu konon memilihi hukuman untuknya itu dengan dengan cara pengebirian sebagai hukumannya, meskipun mempermalukan dirinya dan keluarganya, hal itu dilakukan agar ia bisa melanjutkan pekerjaannya.

-6-
Ban Zhao

Meskipun cukup jarang , Sejarawan perempuan juga tercatatan dalam peradaban kuni. Di Cina, misalnya, Ban Zhao melangkah untuk menyelesaikan sebuah catatan besar mengenai sejarah dari dinasti Han, yang berjudul "Han shu," setelah ayah dan kakaknya keduanya meninggal pada pertengahan proyek. 

Lahir di 45 Masehi sebagai keluarga terkemuka, ia menikah pada usia 14 tahun. Tapi ketika suaminya meninggal segera setelah itu, ia bersumpah mengakhiri hubungan dan pengabdian dirinya untuk kegiatan intelektual. Selain "Han shu," yang dimodelkan setelah "Shiji," Ban Zhao menulis banyak puisi dan esai, termasuk panduan untuk perilaku perempuan yang menekankan kerendahan hati, kerja keras dan ketaatan agama.

0 Response to "6 Sejarawan Kuno Dunia Terkemuka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel