Mengapa Kita Mengemudi Di Sisi Jalan yang Berbeda?




Para arkeolog memiliki bukti yang dapat menjadi gambaran bahwa bangsa Romawi kuno mungkin saja mengendarai kereta kuda mereka di sisi kiri, dan hal tersebut dilakukan hingga abad pertengahan di Eropa. Alasan mengapa mereka mengendarai di sisi tersebut belum sepenuhnya terpecahkan, namun banyak pihak menduga bahwa hal itu dilakukan demi alasan keselamatan. Alasannya adalah karena mayoritas orang di dunia memegang sesuatu dengan tangan kanan, oleh karena itu jika mereka mengendarai di sisi kiri jalan maka mereka akan bisa memegang senjata dengan tangan kanan jika mereka bertemu musuh di jalan.

Hingga abad ke 17 jumlah kereta kuda dan arus jalanan masih sangat sepi,hal ini memungkinkan terjadi perbedaan kebijakan sisi mengemudi di berbagai tempat. Peraturan mengemudi di sisi kiri disahkan di Britania raya setelah adanya kebijakan tahun 1773 dan 1835, namun di Perancis mengsahkan peraturan mengemudi di kanan jalan di awal abad ke 18.

Kedua Negara ini kemudian mempengaruhi Negara jajahan mereka untuk mengemudi di sisi sesuai Negara Induk, hal ini berdampak kepada mantan Negara jajahan Inggris seperti Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan India masih mengemudi di sisi kiri jalan. Di Amerika, banyak sejarawan berpendapat bahwa pada abad ke 18 mulai diberlakukan mengemudi di sisi kanan jalan karena saat itu jalanan mulai ramai dengan kereta kuda. Karena kereta kuda tersebut tidak  dilengkapi kursi untuk pengemudi, maka para pengemudi harus mengendalikan kudi di sisi kiri untuk memudahkan mereka yang mengendalikan dengan tangan kanan. 

Ketika kereta kuda mulai jamak digunakan, lalu lintas secara otomatis berpindah ke sisi kanan jalan untuk menghindari kecelakaan. Para produsen kendaraan, seperti Henry Ford turut mendukung hal tersebut dengan memproduksi mobil yang memiliki kemudi di kiri mobil dan mengharuskan mereka mengemudi di sisi kanan.  

Saat ini, mengemudi di sisi kiri masih dilakukan di Britania Raya dan banyak Negara lain seperti Jepang, Indonesia, Thailand dan beberapa Negara lain. Namun, sejak kebangkitan dunia otomotif, banyak Negara telah mengubah sisi mengemudi mereka. Kanada mengubah sisi mengemudi ke kiri jalan tahun 1920-an untuk memfasilitasi kendaraan dari Amerika. Tahun 1967 pemerintah Swedia menghabiskan sekitar 120 juta dollar untuk membiayai sarana mengemudi di kanan jalan.

Sumber :


0 Response to "Mengapa Kita Mengemudi Di Sisi Jalan yang Berbeda?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel