Pada Hari Pahlawan : Kita Punya 5 Pahlawan Nasional Baru


Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November 2015, Presiden Joko Widodo memberikan gelar pahlawan pahlawan nasional kepada 5 tokoh yang telah dianggap berjasa besar bagi Bangsa Indonesia. 

Adapun 5 tokoh yang diberi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi di antaranya almarhum Bernard Wilhem Lapian (Tokoh Provinsi Sumatera Utara), almarhum Mas Isman (Tokoh Provinsi Jawa Timur), dan almarhum Komjen (Pol) Dr H Moehammad Jasin (Tokoh Jawa Timur). Kemudian almarhum I Gusti Ngurah Made Agung (Tokoh Provinsi Bali) dan almarhum Ki Bagus Hadikusumo (Tokoh Provinsi Yogyakarta).

Pemberian gelar pahlawan nasional dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden Jokowi. Penerimaan gelar pahlawan nasional disampaikan kepada ahli waris masing-masing.

Penetapan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116/TK/2015 yang ditandatangani pada tanggal 4 November 2015. Upacara penganugerahan gelar tersebut ditandai dengan pemberian plakat sebagai penghargaan simbolik oleh Presiden Jokowi kepada ahli waris atau perwakilan dari penerima gelar.


Landasan pemberian gelar itu sesuai dengan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang menyebutkan bahwa gelar berupa Pahlawan Nasional dan pemberian gelar dapat disertai dengan pemberian tanda jasa dan/atau tanda kehormatan.

Siapakah Mereka ?

Silahkan tekan link dibawah ini untuk mengetahui profil pahlawan nasional baru kita .

  1. Bernard Wilhem Lapian
  2. Mas Isman
  3. Komjen (Pol) Dr. H. Moehammad Jasin
  4. I Gusti Ngurah Made Agung
  5. Ki Bagus Hadikusumo

0 Response to "Pada Hari Pahlawan : Kita Punya 5 Pahlawan Nasional Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel