Definisi Sejarah


Harian Sejarah - Sejarah merupakan ilmu yang membahas mengenai konsep manusia didalam ruang dan waktu. Sejarah bukanlah sebuah gurauan ataupun cerita mengenai suatu peristiwa yang terjadi dimasa lampau. Lebih dari itu, sejarah merupakan sebuah catatan pengalaman manusia yang mempengaruhi perkembangan manusia lain.

Secara etimologi, sejarah dalam bahasa Indonesia berasal dari kata Syajaratun (Bahasa Arab) yang berarti pohon. Sejarah diumpakan seperti pohon keluarga yang berlangsung secara terus-menerus, sejarah merupakan kausalitas (sebab-akibat) peristiwa-peristiwa lain yang mendahuluinya. Dalam bahasa Jerman, sejarah diartikan sebagao Geschichte, artinya peristiwa yang telah terjadi. Dalam bahasa Yunani sejarah adalah Istoria, artinya suatu penyelidikan peristiwa. Bahasa Belanda, sejarah adalah Gehchiedenis, berarti terjadi dan dalam bahasa Inggris, Sejarah merupakan History : masa lampau umat manusia.

Secara umum definisi sejarah adalah “ segala peristiwa (penting) yang telah terjadi oleh manusia dimasa lampau, dan mempengaruhi kehidupan suatu kelompok masyarakat secara luas. “

Definisi Menurut Tokoh
  • Herodotus: “ Sejarah tidak berkembang kea rah depan dengan mempunyai tujuan yang pasto, malinkan seperti garus lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan manusia. “
  • Ibn Khaldun: dalam bukunya Mukadimah. “ Sejarah merupakan catatan tentang masyarakat dan perubahan yang terjadi pada watak manusia yang mengalami perubahan selama peradaban manusia selama ini. “
  • Moh. Ali, dalam bukunya  Pengantar Ilmu Sejarah. “ Sejarah adalah sejumlah proses perubahan, kejadian, dan peristiwa yang ada disekitar kita. “Menurutnya, sejarah adalah cerita tentang proses perubahan dalam kehidupan manusia dan seperangkat ilmu yang menyelidiki perubahan itu.
  • Kuntowijoyo, “ Sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris.” Sejarah bersifat diakronis karena berhubungan dengan perjalanan waktu. Sementara itu sifat ideografis karena sejarah menggambarkan, memaparkan, dan menceritakan sesuatu. Sejarah bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal-hal yang unik dan secara khas hanya berlaku pasa sesuatu. Selain itu, sejarah juga bersifat empiris, yaitu sejarah besandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sunggu terjadi.
  • Nugroho Notosusanto, “Sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau.” Sejarah juga berarti merupakan kisah mengenai segala peristiwa dan disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa itu. 

0 Response to "Definisi Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel