Hari Ini Joseph Stalin Berulang Tahun Ke-138 Tahun

http://all-that-is-interesting.com/wordpress/wp-content/uploads/2014/10/weird-stalin-at-desk.jpg

Hari ini Pemimpin Besar Uni Soviet, Joseph Stalin berulang tahun yang ke-75 tahun. Joseph Stalin merupakan seorang dictator yang dikenal dengan sebutan manusia baja atau Steel Man atau Koba. Dia dikenal sebagai perenggut 30.000.000 jiwa penduduk Rusia dan negara sekitarnya. Stalin mempercayai mengenai teori manusia dalam buku Asal-Usul Manusia karya Charles Darwin. Hal ini lah yang membuatnya tidak mempercayai agama dan Tuhan.

Kehidupan dan Pemerintahan
Stalin Muda ( Foto: MKDV )
Josep Stalin lahir di Iosef Besarionis dze Jughashvili,18 Desember 1878, Gori, Tiflis, Kekaisaran Rusia. Dan meninggal 5 Maret 1953 (umur 74) Kuntsevo, dekat Moskwa, RSFS Rusia, Uni Soviet,
Joseph Stalin mengawali karier dibidang politik dengan menjadi Sekretarit Jendral Partai Komunis Uni Soviet. Stalin kemudian muncul menjadi pengganti Vladimir Lenin sebagai Perdana Menteri Uni Soviet di tahun 1924, setelah sebelumnya membunuh saingan terbesarnya Trotsky di Meksiko tahun 1940. Setelah sebelumnya mengkonsolidasikan kekuasaan setelah kematian Lenin melalui Kritik Lenin dalam sebuah Portscript  (surat wasiat)

Stalin tergabung ke dalam kelompok Politbiro yang didirikan 1917. Politbiro merupakan kelompok yang mengatur Revolusi Bolshebiv. Stalin merupakan satu dari tujuh anggota bersama Lenin, Zinoviev, Kamenev, Trotsky, Sokolnikov, dan Bubnov. 

Stalin 
Saat memimpin Uni Soviet, ia dikenal sebagai seorang “ Diktator”, kerap kali Stalin mengusir dan membunuh lawan-lawann politik yang tidak sejalan dengannya. Semua lawan politiknya dihabisi dengan dalih sebagai musuh negara. Lawan politik ini biasanya dihabisikan dengan dimasukan ke dalam camp-camp kerja paksa seperti Gulag.

Pada masa pemerintahannya, selain lawan politik. Mereka yang tidak mematuhi pemerintah akan dihabisi. Kemudian Pemerintahan ini dikenal dengan sebutan pandai menyebar isu.  Pada masa ini Stalin dikenal sebagai pekabat negara yang anti korupsi serta dapat menyelesaikan pelbagai isu etnis. Namun kenyataanya itu semua hanyalah mitos. Pada masa pemerintahan ini korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan dilakukan oleh mereka para pejabat negara. Prinsip internasionalisme hanya buah omong kosong. Pemerintahan ini banyak melakukan penangkapan massal, deportasi, dan pembunuhan etnis-etnis tertentu, bahkan seluruh bangsa dinyatakan sebagai 'musuh'. 

Posisi Pada Perang Dunia II
Stalin Bersama Pemimpin Negara Sekutu Pada Konfrensi Yalta ( Foto: ITAR-TASS )

Dalam Perang Dunia II (1939-1945). Stalin membawa Uni Soviet berpihak kepada sekutu, setelah sebelumnya bekerja sama dengan Hitler dalam penaklukan Polandi dan kerja sama untuk mengirim perbekalan kepada Jerman dalam usahanya menaklukan Eropa. Stalin merubah haluan dan berperang melawan Jerman setelah Jerman berusaha menyerang Stalin Grad untuk menuju Ibu kota Moskwa. Dalam peperangan ini sekitar 20.000.000 korban jatuh dipihak Tentara dan Sipil Uni Soviet.  Pasca Perjanjian Yalta dan berakhirnya Perang Dunia II. Stalin yang sebelumnya dikenal baik di Barat dengan sapaan Uncle Joe. Membawa Uni Soviet ke dalam Perang Dingin. Stalin kembali berusaha melakukan pembersihan lawan-lawan politiknya. Namun Stalin harus menemuia ajalnya dan meninggal pada 5 Maret 1953.

Foto-Foto
Joseph Stalin di Kongres Petani Soviet, 1933. Foto: RIA Novosti

Stalin, 1930. Foto: RIA Novosti

Stalin saat menghadiri Konferensi Potsdam, 1945. Foto: RIA Novosti
Referensi :
Biografi Joseph Stalin
Stalin dan Mancanegara
Mitos Era Pemerintahan Joseph Stalin
About Joseph Stalin
Gaya Busana Joseph Stalin

0 Response to "Hari Ini Joseph Stalin Berulang Tahun Ke-138 Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel