Masa Transisi Hindia Belanda 1800-1808


Pasca Runtuhnya VOC (1799) kekuasana daerah koloni di Nusantara diserahkan kembali mandatnya kepada Kerajaan Belanda untuk membentuk pemerintahan baru. Pemerintahan baru tersebut akan menguasai setiap unsur politis kawasan koloni yang sebelumnya dipegang oleh VOC. Pemerintahan baru tersebut adalah Hindia Timur.

31 desember 1799 dibekukan, seluruh aset di hutang ditangguhkan oleh Kerajaan Belanda. Kerajaan Belanda kemudian membentuk pemerintahan kolonial Hindia Hindia Belanda atau Hindia Timur (Netherlands East Indies).

Di Eropa sendiri sedang terjadinya peperangan yang diakibatkan meluasanya Revolusi Prancis yang sedang berujung pada ambisi Perancis menguasai seluruh daratan Eropa di bawah Kaisar Napoleon Bonaparte.

Hutang VOC yang terlalu banyak membuat Kerajaan Belanda harus mengintensifkan eksploitasi negeri jajahannya dengan melakukan serangkaian modernisasi dan industrialisasi di koloni-koloninya. Hal ini dilakukan karena belanda berusaha mengikuti Revolusi Industri yang berlangsung di Eropa.

0 Response to "Masa Transisi Hindia Belanda 1800-1808"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel