Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Yang Memberikan Beasiswa Penuh



Beasiswa Ikatan Dinas adalah beasiswa yang setiap tahunnya menjadi rebutan bagi ribuan anak muda Indonesia. Selain karena kuliah dengan gratis, beasiswa ini memberi “ikatan bekerja” yang mendapatkan kerja sebagai CPNS dengan periode tertentu kepada lulusannya. Oleh karena itulah setiap tahunnya Ikatan Dinas selalu ramai dan lebih dipilih ketimbang masuk PTN dengan alasan tadi. Berikut ini beberapa Sekolah Kedinasan yang menawarkan beasiswa gratis biaya pendidikan secara penuh.

Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi ikatan dinas dan beasiswa penuh yang menerima mahasiswa baru pada tahun 2016/2017

Beberapa Perguruan Tinggi Kedinasa yang memberikan beasiswa penuh

  1. Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta, Jalan Raya Gandul, Cinere, Jakarta Selatan. Lihat disini
  2. Akademi Kimia Analis Jawa Barat, Jalan Ir H Juanda 7, Bogor. Lihat disini.
  3. Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta, Jalan Timbul 34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Lihat disini.
  4. AKAMIGAS-STEM “ Akademi Minyak dan Gas Bumi (Sekolah Tinggi Energi dan Mineral) di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Lokasi kuliah Cepu, Jawa Tengah (kawasan rig dan pengeboran minyak). Lihat disini.
  5. Akmil – Akademi Militer RI. Lihat disini.
  6. Akpol – Akademi Kepolisian RI. Lihat disini.
  7. Badan Meteorologi Nasional (BMG), Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), Jalan Perhubungan I Nomor 5, kompleks Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang. Lihat disini.
  8. Badan Pusat Statistik (BPS), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Jalan Otto Iskandardinata Nomor 64 C, Jakarta Timur (dapat uang saku per bulannya Rp 850.000). Lihat disini.
  9. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang. Lihat disini.
  10. MMTC –  Sekolah Tinggi Multi Media Training Center di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo). Lokasi kuliah di Yogyakarta. Lihat disini.
  11. Politeknik Kesehatan DEPKES Surabaya, Jalan Pucang Jajar Tengah 56, Surabaya. Lihat disini.
  12. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Jalan Cimandiri 34-38, Bandung. Lihat disini.
  13. Sekolah Tinggi Manajemen Industri Jakarta, Jalan Letjen Suprapto 26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Lihat disini.
  14. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jalan Dr Setiabudi 186, Bandung. Lihat disini.
  15. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Curug Banten, Jalan Raya PLP Curug, Tangerang. Lihat disini.
  16. Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Jalan AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lihat disini.
  17. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta, Jalan Tata Bumi 5, Banyuraden, Lihat disini.
  18. Gamping, Sleman, Yogyakarta. Lihat disini.
  19. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Jalan Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor. Lihat disini.
  20. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Jawa Barat, Jalan Jakarta Nomor 31, Bandung. Lihat disini.
  21. Sekolah Tinggi Transportasi Darat Jawa Barat, Jalan Raya Setu Km 3,5, Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Lihat disini.
  22. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Jawa Barat, Jalan H Juanda 367, Bandung. Lihat disini.
  23. STPDN/IPDN –  Institut Pemerintahan Dalam Negeri di bawah Kementerian Dalam Negeri RI. Lihat disini.
Perhatian !! jika mendapati ada web yang tidak bisa diakses atau lamban. Harap maklum karena beberapa web tersebut hanya aktif pada musim pendaftaran.

Syarat dan Ketentuan Mengikuti Seleksi 
Seleksi

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (total maupun parsial), dan bebas narkoba.
  2. Lulus Ujian Nasional.
  3. Calon lulusan tahun 2016 dapat melakukan pendaftaran walaupun belum mengikuti Ujian Nasional atau belum ada pengumuman kelulusan. Namun pada waktu Ujian Seleksi Tahap III, harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan salah satu dokumen berikut: (a) Ijazah, atau (b) Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal, atau (c) Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
  4. Lulusan sebelum tahun 2016 harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan ijazah.
  5. Peserta program D3 hanya dibuka untuk wilayah tertentu (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua). Peserta program D3 berasal dari SMA/MA peminatan IPA/IPS. Untuk peminatan IPA, Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I. Untuk peminatan IPS, Nilai Matematika minimal 80,00 atau B+ dan nilai Bahasa Inggris minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I. Nilai bukan hasil pembulatan atau rata-rata. Untuk rapor yang terdiri dari nilai kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap, yang dilihat adalah nilai kompetensi pengetahuan. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan. Jika terdapat nilai matematika wajib dan peminatan, maka masukkan nilai wajib saja.
  6. Peserta program D4 berasal dari SMA/MA peminatan IPA. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan atau rata-rata). Untuk rapor yang terdiri dari nilai kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap, yang dilihat adalah nilai kompetensi pengetahuan. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan. Jika terdapat nilai matematika wajib dan peminatan, maka masukkan nilai wajib saja.
  7. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2016 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1994).
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan sebagai CPNS.
  9. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  10. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang berlaku.
  11. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
  12. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Penerimaan

Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh STIS.
Seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara. Selama mengikuti pendidikan akan diberikan Tunjangan Ikatan Dinas sesuai peraturan yang berlaku.
Cara Pendaftaran Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun.

Lihat juga : Jangan Takut Kuliah Dengan Beasiswa Bidikmisi 2017/2018

Lokasi Ujian

Calon peserta program D4 dapat memilih lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Calon peserta program D3 dapat memilih lokasi ujian di wilayah tertentu. Calon peserta tidak harus mengikuti ujian sesuai tempat tinggalnya atau tempat di mana yang bersangkutan menyelesaikan pendidikan SMA/MA.

Jenis Ujian

  1. Ujian tahap I: Matematika dan Bahasa Inggris
  2. Ujian tahap II: Psikotes
  3. Ujian tahap III: Tes Kompetensi Dasar (TKD), Wawancara dan Tes kesehatan


Alur Pendaftaran dan Ujian

  1. Pendaftaran (online)
  2. Ujian tahap I
  3. Pengumuman hasil ujian tahap I
  4. Pendaftaran ulang (online) untuk mengikuti ujian tahap II
  5. Ujian tahap II
  6. Pengumuman hasil ujian tahap II
  7. Pendaftaran ulang (online) untuk mengikuti ujian tahap III
  8. Ujian tahap III
  9. Pengumuman hasil ujian tahap III
  10. Pemberkasan

Biaya Seleksi Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah), dibayarkan melalui Bank BRI atau Bank Mandiri, setelah mengisi data pendaftaran secara online. Biaya administrasi bank ditanggung peserta. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Prosedur Pendaftaran Pendaftaran online disesuaikan dengan perguruan kedinasan masing-masing yang dapat dilihat di official web sitenya.

0 Response to "Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Yang Memberikan Beasiswa Penuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel