SBMPTN 2017 Dengan CBT


Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 akan kembali dilaksanakan kembali pada tahun 2017. Ujian SBMPTN dilaksanakan melalu 3 skema yaitu

  • SOSHUM (IPS)
  • SAINTEK (IPA)
  • IPC (Campuran)

Ujian tertulis SBMPTN 2017 , Rencananya akan kembali dilaksakanan dengan sistem seperti SBMPTN 2016, yaitu CBT (computer based test) dan PBT (paper based test). SBMPTN CBT dilaksanakan bersamaan dengan SBMPTN PBT .
Kita bisa memilih sistem ujian yang kita inginkan saat mendaftar melalui Official Web Site: www.sbmptn.or.id

Selain Ujian Keterampilan yang diberlakukan dalam seleksi beberapa Program Studi SBMPTN seperti Seni dan Olahraga, tahun ini sama seperti terdapat juga ujian SBMPTN yang menggunakan komputer langsung atau dikenal Computer Based Test (CBT) dan jenis ujian seperti biasanya atau dengan kata lain Paper Based Test (PBT). Beberapa kota yang sudah melaksanakan Ujian Nasional (UN) sistem CBT ini sudah tidak bingung lagi, namun bagi yang masih bingung silahkan baca dan pahami penjelasan singkat di bawah ini mengenai CBT dan PBT.

Computer Based Test (CBT) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama.

Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir. Singkat kata sistem CBT ini ujiannya menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak menggunakan kertas lagi (Paper Less)

Paper Based Test (PBT) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan menggunakan kertas. Semua soal disajikan di dalam kertas dan menjawab soal juga menggunakan kertas (LJK) seperti pada ujian-ujian sbmptn sebelumnya (2015, 2014, 2013). Jadi perbedaan mendasarnya hanya pada alat yang digunakan saja, kalau CBT menggunakan Komputer sedangkan PBT menggunakan Kertas.

0 Response to "SBMPTN 2017 Dengan CBT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel