Serangan Mengejutkan Inggris Terhadap Jerman di Kutub Utara

Harian Sejarah - Pada 26 Desember 1943 pada perhelatan Perang Dunia II, Kapal Jelajah Tempur Jerman, Scharnhorst ditenggelamkan oleh Kapal Perang Inggris di Kutub Utara. Serangan ini dilakukan setelah sinyal Angkatan Laut Jerman berhasil di tangkap oleh Inggris, “ Mereka membawa sebuah misi menyerang konvoi Anglo-Amerika yang sedang menuju Uni Soviet.

serangan inggris
Seperti kita tahu bahwa Scharnhorst merupakan kapal tempur Jerman yang banyak di operasikan untuk pertempuran awal Perang Dunia II. Salah satunya adalah serangan mendadak terhadap iring-iringan kapal dagang Inggris, selama operasi pertama Scharnhorst telah menenggelamkan kapal HMS Rawalpindi (November 1939). 


Scharnhorst ikut serta dalam operasi di Norwegia, dua kapal bergerak yaitu kapal tempur HMS Renown berhasil menenggelamkan Kapal Induk HMS Glorious serta Kapal Perusah Acasta dan Ardent yang mengiringinya. Dalam keterlibatannya dalam sejarah Scharnhorst memiliki tembakan dengan range-hit terpanjang pada Perang Dunia II.


Angkatan Laut Hitler menjadi ancaman yang serius terhadap konvoi pasukan yang di kirim ke Uni Soviet (1941). Amerika,  Inggris, dan kapal dagang Soviet menderita akibat serangan yang bertubi-tubi oleh Kapal Selam Jerman “ U-boat.”

Operasi Rainbow adalah upaya penyerangan kedua oleh Jerman terhadap konvoi Anglo-Amerika yang berlayar diantara Pulau Beruang dan Cape Utara dalam perjalannya ke Timur.

Tapi Inggris dapat memecahkan kode Enigma Operasi Jerman. Sebuah informasi strategis yang mereka dapatkan untuk mengantisipasi dan mencegah penyerangan tersebut.


The Scharnhorst yang membawa 31.000 ton peledak ditenggelamkan oleh Kapal Perang Inggris, Crusier Rawalpindi. Sekitar 2000 pelaut dan kru Jerman tenggelam dan hanya 36 orang yang selamat. Peristiwa ini dikenal dengan Pertempuran North Cape.


Referensi :
  • How Germany's feared Scharnhorst ship was sunk in WWII. bbc.com
  • Britain surprises German attacker in the Arctic. History.com 

0 Response to "Serangan Mengejutkan Inggris Terhadap Jerman di Kutub Utara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel