Serangan Jet Amerika Ke Vietnam Utara

" Perang Vietnam berlangsung selama 10 tahun dan sangat brutal. Perang ini mengakibatkan tewasnya 58.220 tentara AS dan lebih dari satu juta warga Vietnam. "

perang vietnam
Suasana Perang Vietnam (Foto/United States Army)


Serangan Jet Amerika Ke Vietnam Utara - Hari ini 26 Desember 2016, 40 tahun sejak  eskalasi yang cukup tajam sejak Operation Rolling Thunder pada November 1968. Pasukan pembon AS terlihat cukup mencolok di lapangan udara, emplasmen anti pesawat, situs rudal dan fasilitas penyuplai Vietnam Utara.

Selanjutnya berlangsung serangan selama lima hari. Mereka mulai memperhatikan berita dari intelijen yang memperediksi bangkitnya Vietnam Utara dan upaya penyerangan baru. Pada konfrensi pers 27 Desember 1971.

Menteri Pertahanan AS, Melvin Laird mengatakan, “ Peningkatan pemboman adalah pembalasan atas kegagalan komunis untuk menghormati perjanjian yang dibuat 1968. Sebagai bukti, Laird mengutip penembakan Saigon minggu sebelumnya. Pelanggaran termasuk rute penyusupan yang dibangun melalui zona penyanggam dan serangan bersenjata terhadap pesawat pengintai AS.


Pentagon menunjukan angka bahwa sebanyak 250 pesawat AS telah bepartisipasi dalam beberapa misi penyerangan komunis lebih dari 100 kali pada tahun 1971, angka ini sebanding dengan aktivitas udara AS di 26 bulan sebelumnya.

Dengan pemboman yang dilakukan secara masif ini. Muncul gelombang protes baru anti perang di Amerika Serikat. Di New York, 15 veteran anti perang membarikade diri di dalam Patung Liberty dan dengan mengibarkan bendera AS terbalik di Mahkota.

Mereka akhirnya mengakhiri pendudukan pada 28 Desember, mematuhi pengadilan Federal. Pada saat yang sama di Washington, lebih dari 80 veteran anti perang ditangkap usai bentrok dengan polisi.

Sumber ;


0 Response to "Serangan Jet Amerika Ke Vietnam Utara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel