Sosok dibalik Lukisan Mona Lisa

Lukisan Monalisa Karya Leonardo daVinci (Foto: wikipedia.org)
Lukisan  Mona Lisa  karya Leonardo da Vinci masih gelap. Karya yang dibuat di Kota Florence sekitar tahun 1503 ini mencetak banyak teori mengenai siapa sebenarnya wanita dalam lukisan tersebut. Ada yang bilang wajah dalam lukisan ini ibu dari da Vinci, ada juga yang mengatakan seorang suci dari Spanyol bernama Costanza d’Avalos, serta teori terakhir yang paling kuat yaitu wanita dalam lukisan ini adalah Lisa Gherardini.

Mengenal Lisa Gherardini

Kuburan yang diyakini milik Lisa Gherardini. Foto : Telegraph.co.uk

Lisa Gherardini del Giocondo merupakan istri seorang pedagang sutera kaya yaitu Francesco di Bartolomeo del Giocondo. Dikisahkan bahwa Lisa sendiri yang menyuruh da Vinci untuk melukisnya dalam rangka merayakan kelahiran anaknya yang menjelang. Namun da Vinci tidak pernah memberikan hasil lukisannya tersebut kepada keluarga Giocondo, malahan lukisan tersebut dibawanya ke Perancis dan menjadi koleksi Kerajaan Perancis.
Gaya Seni Baru
Wajah da Vinci. Foto : biography.com


Mona Lisa adalah lukisan pertama di Italia yang memfokuskan diri melukis wajah seseorang dalam jarak dekat. Lukisan ini juga dibuat sangat realistis dan mirip dengan objek aslinya. Gaya lukisan ini membawa sudut pandang baru dalam dunia lukis pada abad 16 masehi.


Senyuman yang Khas
Lukisan Mona Lisa menyiratkan senyuman yang masih menjadi misteri. Da Vinci menjadikan senyuman dalam lukisan ini sebagai inti lukisan. Komposisi letak dan warna yang pas menjadikan lukisan ini melegenda hingga sekarang.


Sumber



0 Response to "Sosok dibalik Lukisan Mona Lisa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel