7 Penemuan yang Tidak Sengaja Ditemukan

Para arkeolog meyakini bahwa unsur keberuntungan memainkan peran yang besar dalam penemuan mereka. Hal itu juga didukung dengan fakta bahwa ada beberapa situs bersejarah ditemukan secara tidak sengaja. Berikut ini beberapa penemuan situs bersejarah secara tidak sengaja di dunia. 


7. Goa Lascaux


Lukisan Goa Lascaux. Foto:Pinterest.com

Bulan September 1940 merupakan saat dimana beberapa remaja yang berkeliling hutan di wilayah Montignac bersama peliharaan mereka menelusuri lubang di bawah tanah. Setelah memasuki lubang tersebut, para pemuda tersebut menemukan lebih dari 2000 gambar-gambar dan pahatan-pahatan dalam goa. Awalnya penemuan tersbut hanya diketahui mereka saja, namun kemudian mereka menginformasikan tempat tersebut kepada pihak sekolah dan para peneliti. Lukisan tersebut diperkirakan berusia 15.000-17.000 tahun lamanya.


6. Situs Tentara Xian Terracotta

Situs Terracota. Foto:travel-images.com


Tahun 1974, sekelompok petani menemukan situs yang luar biasa di China yakni makam yang diperkirakan berasal dari Dinasti Qin. Saat itu mereka bertujuh sedang menggali sumur di kota Xian ketika bor mereka tersangkut patung. Mereka berpikir bahwa itu adalah patung Buddha, namun para arkeolog menggali lebih dalam dan mereka menemukan sebanyak 8000 patung tentara Terra Cotta yang seukuran pria dewasa, kuda dan kereta perang yang menjadi penjaga makam Kaisar Qin Shi Huang. Makam tersebut kini menjadi salah satu situs bersejarah yang paling penting di China.

5. Patung Venus de Milo


Venus de Milo. Foto: louvre.fr


Sebelum dikenal sebagai salah satu patung yang terkenal, Venus de Milo terkubur jauh di Pulau Melo di Yunani. Patung tersebut ditemukan tahun 1820 ketika Yorgos Kentrotas, seorang petani, menemukan patung tersebut secara tidak sengaja. Penemuan tersebut terdengar ke seorang tentara angkatan laut Perancis, Olivier Voutier. 

Voutier kemudian mengabarkan penemuan tersebut kepada Duta Besar Perancis untuk Ottoman untuk membeli patung tersebut. Akhirnya patung tersebut terjual dan dihadiahkan kepada Raja Louis XVII kemudian disimpan di museum Louvre. Para penelitia mengungkapkan bahwa patung tersebut menjadi symbol penggambaran Dewi Aphrodite.

4. Kota Bawah Tanah Derinkuyu

Kota Derinkuyu. Foto:Placestoseeinyourlifetime.com


Pegunungan Cappadocia di Turki merupakan tempat kota bawah tanah yang dipahat dari bebatuan vulkanik oleh leluhur mereka. Salah satu penemuan yang luar biasa adalah Derinkuyu yakni kota bawah tanah yang berkapasitas hingga 20.000 orang. Situs ini baru ditemukan tahun 1963 ketika penduduk disana meruntuhkan tembok rumahnya, tidak disangka bahwa di bawah rumahnya terdapat jalur menuju kota bawah tanah.

3. Batu Rosetta

Batu Rosetta. Foto:bbc.co.uk


Saat Napoleon memerintahkan penaklukan Mesir di akhir abad ke-18, ia membawa satu tim peneliti yang ditugaskan mencari penemuan kuno dan memelajari sejarah Mesir. Saat menemukan batu Rosetta tersebut, Pierre-Francois Bouchard, salah satu peneliti terjerembab ke dakam sebuah lubang besar dalam usahanya menghancurkan tembok kuno di dekat kota Rosetta. Batu tersebut diperkirakan berasal dari abad ke 2 SM.

2. Gulungan Injil Kuno

Injil Kuno. Foto:Tealswan.com

Gulungan tersebut berisi beberapa konten yang diperkirakan adalah injil paling kuno oleh beberapa remaja tahun 1947. Saat itu pemuda dari suku Badui sedang bermain di sekitar goa dan menemukan gulungan kuno tersebut dalam kendi. Para peneliti kemudian memelajarinya dan diketahui berisi injil kuno dan menjadi salah satu penemuan besar abad ke-20.

1. Reruntuhan Kapal Uluburun

Reruntuhan Kapal Uluburun. Foto:ancient-origins.net


Tahun 1982, seorang penyelam bernama Mehmet Cakir menyelam di laut Mediterania tepatnya di pantai Uluburun. Saat itu ia menemukan bangkai kapal sebesar 50 kaki di dasar laut. Para peneliti kemudian memelajari situs tersebut dan mereka menemukan banyak artefak seperti gading gajah, berlian, gigi kuda laut dan bahkan benda-benda bertuliskan ratu Nefertiti. Kapal tersebut diperkirakan sudah berusoa 3.300 tahun lebih dan menjadi bangkai kapal tertua yang pernah ditemukan.

First Published by Gu-buk.net

0 Response to "7 Penemuan yang Tidak Sengaja Ditemukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel