Cikal Bakal Dibalik Terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Cikal Bakal Dibalik Terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Franklin D.Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, serta 26 negara lainnya menandatangani deklarasi pendirian organisasi penjaga perdamaian dunia pasca Perang Dunia II, hasil deklarasi ini dikenal sebagai Piagam Atlantik. Meskipun berdiri pada 25 Oktober 1945. Istilah United Nation atau perserikatan bangsa-bangsa (PBB) diusulkan pertama kali pada 1 Januari 1942 sebagai organisasi perdamaian internasional, nama United Nation merupakan usulan dari Franklin D.Roosevelt.


Perserikatan Bangsa-Bangsa
Pemboman Pearl Harbor oleh Jepang (Foto/U.S. Navy)
Pada 22 Desember 1941, Wilson Churchill berkunjung ke Washinton DC untuk berdiskusi bersama Presiden Roosevelt pada Konferensi Arcadia mengenai penyusunan strategi perang Anglo-Amerika dan proyeksi perdamaian dunia ke depan. Serangan Pearl Harbor oleh Jepang memaksa AS untuk terlibat pada Perang Dunia II setelah sebelumnya menyatakan sikap netral.

Perserikatan Bangsa-Bangsa
Serangan Pearl Harbor dianggap menguntungkan oleh Inggris untuk menarik Amerika Serikat bergabung dengan Sekutu untuk melawan kekuatan Poros. Churchill dan Roosevelt menciptakan staf umum gabungan untuk mengkoordinasikan strategi militer bersama untuk menyusun invasi mengahadapi Jerman dan Jepang demi keberlangsungan masa depan dunia.


Konfrensi Arcadia memiliki pengaruh yang besar terhadap cikal bakal pembentukan PBB. Di bawah pimpinan Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet, ketiganya sepakat untuk menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk mengalahkan kekuatan blok poros secara cepat. Disepakati bahwa tidak ada satu negara pun akan menuntut perdamaian tanpa Jerman, Italia, dan Jepang, semua harus bersatu pada tatanan dunia yang selaras dan damai.

Penciptaan organisasi ini merupakan dedikasi yang diberikan untuk memastikan kehidupan yang bebas dan merdeka, kebebasan beragama, serta melestarikan HAM dan keadilan.

0 Response to "Cikal Bakal Dibalik Terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel