Fakta Menarik Seputar Senapan AK-47


Tak bisa dimungkiri bahwa AK-47 adalah senapan otomatis yang paling banyak digunakan di dunia. Hal ini disebabkan oleh daya tahan, kekuatan, daya jangkau dan ongkos produksi yang murah sehingga menjadi daya pikat tersendiri bagi pemakainya.


Asal Nama AK-47
Deretan AK-47 (Foto: JPNN.com)
Ak-47 merupakan sebuah singkatan dari bahasa Rusia “Avtomat Kalashnikova” sebagai penghormatan kepada sang penciptanya yakni Mikhail Kalashnikov. Sedangkan angka 47 menunjukkan tahun 1947 dimana saat itulah senjata ini pertama kali diuji coba dan disepakati pembelian dan penggunaan secara massal bagi tentara Uni Soviet.

Mengenal Mikhail Kalashnikov



Dengan nama lengkap Mikhail Timofeyevich Kalashnikov, ia lahir tahun 1919 di sebuah desa kecil di Soviet dan menjadi tentara dengan pangkat Letnan Jenderal. Ia dikenal sebagai pribadi yang ulet dalam bekerja. Mengawali karier militer pada tahun 1938 sebagai staf mekanik tank, pada tahun 1941 hingga 1942 ia mulai mendesain sebuah senapan otomatis untuk tentara Soviet sampai akhirnya ia berhasil menciptakan AK-47. 

Kalashnikov meninggal tahun 2013 setelah dirawat di Rusia akibat komplikasi berbagai penyakit yang ia derita.

Alasan Dibalik Penciptaan AK-47
Sturmgewehr. (Foto :recoilweb.com)
Saat itu, pada Perang Dunia II, Soviet dihadapkan pada kenyataan bahwa pasukan Jerman telah berhasil memproduksi massal senapan otomatis dengan nama sturmgewehr. Senjata ini menginspirasi pasukan Soviet untuk membuat senapan otomatis yang ringan dan bisa diandalkan dalam perang.

AK-47 sebenarnya merupakan kombinasi dari fitur-fitur unggulan dari senjata sturmgewehr milik Jerman ditambah desain yang apik oleh pasukan Soviet. Maka terciptalah senapan otomatis yang memiliki ukuran yang pas, ringan, ongkos produksi murah dan memiliki daya tahan yang mumpuni. Senapan ini jauh melampaui pesaingnya masa itu, bahkan hingga kini.

AK-47 Lahir dari Sayembara
Berlatih dengan AK-47 (Foto: washingtontimes.com)
Uni Soviet mengadakan sebuah sayembara dimana para pesertanya diberikan sejumlah rincian spesifikasi apa saja yang dibutuhkan dan tenggat waktu penyelesaiannya. Sayembara ini memiliki sejumlah keuntungan yakni mempercepat riset dan menghasilkan senjata tanpa hak paten bagi militer Soviet.

Pertama Kali Diproduksi Massal dalam Perang Vietnam
Suasana Perang Vietnam (Foto : nydailynews.com)
Senjata ini diketahui digunakan secara massal dalam Perang Vietnam. Para tentara Amerika tidak menduga bahwa pasukan Vietcong yang kebanyakan adalah para petani memegang senjata tersebut. Jika dibandingkan senapan otomatis M-14 miilik Amerika Serikat, AK-47 jauh lebih unggul karena daya tahannya dalam medan perang. Pihak Amerika pun mengembangkan senjata M-16 nantinya untuk menyaingi kekuatan AK-47 milik Uni Soviet.

Banyak Digunakan oleh Para Pemberontak
Merakit Senjata (Foto: Yalibnan.com)
Selama Perang Dingin, senjata ini digunakan oleh para pejuang komunis. Varian senjata AK sangat dikenal dan mudah didapat di berbagai negara, hal ini menyebabkan seri AK banyak diproduksi secara local di penjuru dunia. Senapan AK-47 digunakan oleh berbagai pihak, seperti pasukan gerilya, teroris bahkan oleh para penjahat setelah Perang Dingin berakhir.

Bonus: Video Sejarah AK-47



0 Response to " Fakta Menarik Seputar Senapan AK-47"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel