Fakta Menarik Seputar Televisi

Televisi sudah menjadi barang yang wajib dimiliki masyarakat saat ini, baik itu di kota atau desa. Hidup tanpa TV sepertinya merupakan hal yang kurang wajar bagi kita karena dengan alat tersebut kita bisa mendapatkan hiburan dan berita terkini, tahukah Anda bahwa televisi yang kita tonton saat ini memiliki sejarah yang panjang, simak ceritanya.
Televisi Mekanik, Televisi yang Pertama Kali Dibuat

TV Ciptaan Baird. Foto:bbc.co.uk

Televisi memiliki sejarah yang panjang, tercatat bahwa ide tentang televisi pertama kali muncul di abad ke 19. Pada abad ke 20, ditemukan sistem kerja televisi/tv yang menampilkan gambar bergerak dengan memutarkan kumpulan gambar ke dalam layar yang menjadi cikal bakal tv modern. Penemu system awal tv tersebut adalah John Logie Baird asal Skotlandia dan Charles Francis Jenkins dari Amerika Serikat.  
Selain system tersebut, penemu berkebangsaaan Jerman Paul Nipkow mengembangkan system tv mekanik yang pertama. Alat tersebut mengirim gambar melalui kabel menggunakan piringan besi yang berputar. Nipkow tidak menyebutnya tv, melainkan “teleskop elektrik”
System tv elektronik diciptakan tahun 1927 oleh Philo Taylor Farnsworth. Ialah yang pertama kali mencetuskan system dimaana gambar ditransmisikan ke dalam pancaran sinyal. Selama 1926 hingga 1931, system tv mekanik masih berjalan. Namun system tersebut kalah saing, akhirnya pada 1934, semua tv sudah beralih ke system elektronik.
Perbedaan Sistem Mekanik dan Elektronik

Televisi Mekanik. Foto:bs.cyty.com

Pada tv mekanik, gambar ditransmisikan dari alat pemancar menuju penerima gambar. Sistem ini bergantung pada perputaran piringan secara manual dan pada setiap piringan memiliki lubang yang digunakan untuk memunculkan gambar. Untuk melihat gambar tersebut, ruangan harus benar-benar gelap.
Pada tv elektronik bekerja dengan system CRT. Sistem tersebut menggunakan kerja anoda dan katoda. Pada reaksi anoda dan katoda terjadi pemancaran gambar yang didapatkan melalui sinyal dari pemancar. Pada system ini tidak dibutuhkan ruangan yang gelap.
Stasiun Televisi Pertama di Dunia

W3XK. Foto:twitter.com

Satsiun tv pertama di dunia berada di Amerika di pada 1930-an. Stasiun tv mekanik pertama adalah W3XK yang dibuat oleh Charles Francis Jenkins dan mulai mengudara pada 2 Juli 1928. Ternyata masih ada stasiun tv yang tetap bertahan semenjak kemunculannya tahun 1926 yaitu WRGB.
Program TV Pertama di Dunia
Program The Queen’s Messenger. Foto:amazon.com

Acara tv pertama di dunia juga berada di Amerika, yaitu acara The Queen’s Messenger tahun 1928. Namun kebenaran fakta ini masih diragukan karena acara ini hanya mengudara pada empat buah tv saja.
Iklan Pertama di TV
Iklan Bulova.Foto:amazon.in
Ketika pertama kali diluncurkan tahun 1928, sampai 13 tahun berikutnya acara tv tidak diganggu oleh adanya jeda iklan. Iklan tv pertama kali ada pada 1 Juli 1941 yaitu iklan sebuah Bulova selama 10 detik di tv stasiun NBC.
Remote TV Pertama
Ilustrasi remote tv.Foto:earlytelevision.org

Remote tv pertama adalah Tele Zoom tahun 1948 namun fungsinya belum seperti remote saat ini. Tele Zoom hanya bisa digunakan untuk memperbesar gambar dan tidak bisa mengubah stasiun tv. Remote tv yang benar-benar bisa mengatur acara tv dan mengatur suara pertama kali adalah Zenith di tahun 1955.
TV Berwarna Pertama
Salah Satu TV berwarna.Foto:tvhistory.tv

Pengembangan tentang tv berwarna mulai ada tahun 1925 oleh Vladimir Zworykin, namun usahanya belum berhasil. Barulah tahun 1946 mulai ada usaha untuk kembali mengembangkan tv berwarna. Pengembangan tersebut berhasil, dan tv berwarna mulai dipasarkan tahun 1954. Barulah setelah tahun 1966 tv berwarna mulai jamak digunakan oleh masyarakat Amerika dan dunia hingga kini. (/Harian Sejarah)

First published with english language by Inventors.about.com




0 Response to "Fakta Menarik Seputar Televisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel