Hendry Ford, Balapan, dan Perusahaan Otomotif Dunia

Hendry Ford, Balapan, dan Perusahaan Otomotif Dunia

Pada 12 Januari 1904, Hendry Ford mencatatkan rekor kecepatan 91,37 mph di permukaan jalan yang beku di Michigan Lake St Clair. Dia mengendari kendaraan roda empat yang dijuluki “999”. Dengan chassis kayu tanpa tudung. Namun rekor ini tidak bertahan lama. Hanya dalam waktu sebulan seorang sopir bernama William k. Vanderbilt.

Catatan rekor Ford ini cukup berharga sebagai seorang pelopor Otomotif yang pada bulan Juni dimasukan Ford Motor Company. Ford merupakan salah satu dari Big Tree Mobil Amerika
Ford Ford lahir di sebuah kawasan pertanian di Dearborn, Michigan pada 30 Juli 1863. Pada tahun 1896 ia merakit sebuah kendaraan roda empat di Detroit. Kendaraan self-propelled dengan mesin yang ia sebut sebagai quadricyle. Tiga tahun kemudian Ford mendirikan perusahaan Detroid Automobile, namun pada awal 1901 bisnis tersebut bangkrut.

Pada tahun yang sama Ford terlibat dalam balap mobil, ia memanfaatkannya sebagai sarana mempromosikan dirinya menarik investor untuk usaha automaking yang sedang ia kerjakan. Pada akhir tahun 1991 Hendry mendirikan Ford Ford Company. Tahun berikutnya Ford mendinggalkan bisnisnya karena bentrok dengan konsultan bisnisnya, Hendry Leland. Leland kemudian mengganti nama perusahaan tersebut menjadi Caillac Automobile Company.

Pada 16 Juni 1903, Ford mendirikan sebuah perusahan baru bernama Ford Motor Company. Pada bulan Juni 1904 Ford mencatatkan rekor balap di lake St Clair dengan catatan balap 1 mil di 39,4 detik untuk rekor kecepatan 91,37 mph. selama beberapa tahun kedepan, Ford terus mengembangkan mobil balap yang akan diluncurkan dipelbagai tingkap ajang balapan.

Hendry Ford, Balapan, dan Perusahaan Otomotif Dunia
Ford "T" (Foto: findingdulcinea)
Pada tahun 1908 Ford meluncurkan mobil yang diperuntukan untuk umum. Mobil yang diberi kode Model T merupakan revolusi dari industri otomotif yang dirancang untuk dapat dijangkau dengan harga yang murah oleh masyarakat AS. Untuk mempromosikannya Model T masuk ke dalam ajang balapan pada tahun 1909 dan memenangkan perlombaan balap New York-Seattle, meskipun akhirnya mendapatkan diskualifikasi karena alasan teknis. Bagi Ford balapan ini merupakan sebuah iklan yang besar.

Hendry Ford, Balapan, dan Perusahaan Otomotif Dunia
(Foto: The Old Motor)
Selama beberapa tahun kedepan Model T banyak memenangkan perlombaan balap di seluruh AS. Pada tahun 1931, Ford dikabarkan tidak senang dengan aturan-aturan tertentu mengenai balap mobil dan memutuskan untuk berhenti ikut serta dari ajang balapan tersebut, ia menilai perusahaannya telah sukses mempublikasikan produknya dan fokus pada industi otomotif masa.

Pada tahun 1931, Ford Motor Company mulai melakukan perakitan mobil masal di pabriknya di Highland Park, Michigan. Perusahaan tersebut mengurangi percepatan perakitan chassis dari 12 jam 8 menit menjadi 1 jam 33 menit. Ford pada tahun 1914 mampu memproduksi lebih dari 308.000 kendaraan.

Mobil Model T yang terus diproduksi hingga tahun 1927 menjadi mobil terlaris di dunia hingga tahun 1970an. Kemudian Volkswagen Beetle pada tahun 1972 menggantikan mobil seri Ford sebagai kendaraan terlair di dunia.


Hendry Ford kemudian meninggal pada usia 83 tahun pada tanggal 7 April 1947. - Harian Sejarah


0 Response to "Hendry Ford, Balapan, dan Perusahaan Otomotif Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel