Mengenal Gerakan Rastafari

Kaum Rastafari. Foto: theislandjournal

Harian Sejarah - Apa itu Rastafari? Mungkin yang terbersit di benak Anda adalah Bob Marley, Jamaika dan Ganja. Daripada menduga-duga, kami telah merangkum beberapa fakta menarik seputar hal tersebut


Kebanyakan kita mungkin identic dengan warna merah, kuning dan hijau ketika mendengar tentang gerakan rastafari. Sebenarnya masih ada satu warna lagi yakni warna hitam dalam symbol pergerakan ini.

Awalnya pergerakan ini mengadopsi warna merah, hijau dan hitam, namun setelah kaum rastafari menganggap Haile Selassie I sebagai juru selamat mereka, gerakan ini kemudian menambahkan satu warna yakni kuning sesuai warna bendera kebangsaan Ethiopia yaitu merah, kuning dan hijau.

Masing-masing warna memiliki makna tersendiri. Warna kuning bagi kaum rastafari merupaka symbol kekayaan alam Afrika. Warna merah melambangkan darah pejuang rastafari yang gugur. Warna hitam melambangkan kaum kulit hitam yang memperjuangkan pergerakan tersebut.

Haile Selassie, Juru Selamat Rastafari

Mengenal Gerakan Rastafari
Haile Selassie. Foto: sahistory.org.za

Rastafari adalah sebuah aliran kepercayaan yang dipopulerkan oleh Marcus Garvey. Ia meramal bahwa akan ada seorang raja bagi kaum kulit hitam Afrika yang akan menjadi juru selamat mereka. Tidak lama setelah ramalan ini, di Ethiopia, diangkatlah seorang raja baru yaitu Haile Selassie.
Kaum rastafari dengan segera menganggap bahwa juru selamat menurut ramalan Marcus Gavey adalah Haile Selassie. Kaum Rastafari memiliki dasar argumentasi bahwa Raja Haile Selassie memiliki hubungan dengan Raja Sulaiman sebagaimana hubungannya dengan Yesus Kristus. Ia sendiri menyangkal bahwa dirinya adalah reinkarnasi dari Yesus.

Tubuh adalah Sumber Kehidupan

Mengenal Gerakan Rastafari
Warna Gerakan Rastafari

Dalam ajaran rastafari, tubuh dianggap sebagai sebuah kuil, oleh karena itu para pengikut ajaran ini harus menjaga kesehatan mereka. Mereka juga meyakini bahwa sudah merupakan kewajiban menjaga kesehatan dan membiarkannya tumbuh alami seperti memanjangkan rambut, tidak merokok, tidak mentato tubuh dan tidak merokok.

Menolak Sistem Barat
Mengenal Gerakan Rastafari
Foto Bersama Rastafarian. Foto: Pinterest
Pergerakan ini berasal dari kaum kulit hitam Jamaika yang merupakan budak belian dari Afrika. Pergerakan ini juga merupakan symbol pemberdayaan dan perjuangan kaum kulit hitam melawan dominasi bangsa barat dan sbagai sarana menggali kebudayaan luhur kulit hitam. Inilah yang menyebabkan Rastafari menolak dengan sungguh-sungguh nilai-nilai barat dan strukturnya.

Dialek Mereka yang Unik
Bob Marley. Foto: Pinterest
Jika Anda mendengar musik reggae atau penyanyi asal Jamaika yang bernyanyi dengan dialek Inggris yang khas, mungkin Anda penasaran sebenarnya darimana asal dialek tersebut. 

Ternyata dialek unik yang mereka ucapkan berasal dari perkembangan bahasa Inggris yang diucapkan budak-budak Afrika yang dibawa ke Jamaika. Kaum rastafari kemudian mengadopsi dialek tersebut serta mengubahnya sesuai dengan jati diri mereka yang dinamakan Lyaric.

Afrika, Rumah Kaum Rastafari
Mengenal Gerakan Rastafari
Ilustrasi Afrika. Foto:  travelchannel.com
Pergerakan Rastafari bersandar pada ajaran Injil, namun memiliki pandangan yang berbeda mengenai surga. Penganut Rastafari percaya bahwa mereka sedang mengalami masa sulit sebagaimana masa pengampunan dosa layaknya para leluhur mereka yang diasingkan dari tanah air. 

Tanah air/Zion kaum rastafari adalah Afrika. Disana merupakan surga dunia dan banyak penganut aliran ini percaya bahwa mereka harus kembali ke Afrika.

0 Response to "Mengenal Gerakan Rastafari "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel