Mengenal Kelompok Radikal AS, Ku Klux Klan (KKK)



Di Amerika Serikat terdapat satu kelompok masyarakat yang membentuk suatu kelompok rasis yang bersifat ekstrem. Ku Klux Klan (KKK) dibentuk tanggal 24 Desember 1865 merupakan yang melakukan tindakan rasisme kepada orang-orang kulit hitam. Kelompok ini berkeyakinan bahwa ras kulit putih adalah ras terbaik yang diciptakan oleh Tuhan.

Organisasi ini dibentuk pada awalnya bertujuan untuk wadah perjuangan memberantas orang kulit hitam dan minoritas Yahudia, Asia, dan Katolik Roma di Amerika Serikat. Empat tahun pasca pembentukannya, pada tahun 1869 Pemerintas AS menyatakannya sebagai organisasi illegal, namun mereka tetap melakukan serangkaian pembunuhan terhadap orang kulit hitam yang mereka temui dan termasuk orang kulit putih yang melindungi mereka.

Tahun 1870 diselenggarakannya kebijakan Rekonstruksi era-Partai Republik yang ditujukan untuk mewujudkan kesetaraan politik dan ekonomi untuk orang kulit hitam. KKK kemudian melancarkan kampanye bawah tanah, intimidasi dan kekerasan yang diarahkan pada pemimpin Republik putih dan hitam.
Mengenal Kelompok Radikal AS, Ku Klux Klan (KKK)
Bendera KKK
Pada tahun 1915-1944 anggota kelompok ini memiliki sekitar 4.000.000 simpatisan diseluruh AS. Antara tahun 1950-1960-an aksi kelompok ini semakin masif dan menimbulkan perlawanan darak kalangan kulit hitam AS dan tokoh-tokoh yang menyerukan persamaan Ham dan anti rasisme seperti Malcolm dan Matrin Luther King.

Pemerintah dalam menanggapi permasalahan ini dianggap kurang serius atau bersipat apatis. Hingga kini pemerintah AS dianggap belum pernah melakukan usaha serius untuk memberantas kelompok yang dikategorikan berbahaya ini.- Harian Sejarah


0 Response to "Mengenal Kelompok Radikal AS, Ku Klux Klan (KKK)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel