Mengenal Mussolini dan Fasisme Italia


Harian Sejarah - Mussolini dikenal sebagai pemimpin rezim fasis Italia sejak tahun 1922 hingga 1943. Ia juga dikenal sebagai pendiri ideology fasisme yang menjadikan kekuatan militer sebagai penguasa kehidupan bernegara. Mari simak kehidupannya bersama.
Masa Kecil dan Remaja
Mussolini Muda. Foto: Pinterest
Benito Mussolini lahir di Predappio, Italia, pada 29 Juli 1883. Ia terlahir dari keluarga pandai besi miskin. Mussolini meskipun dikenal sebagai pemuda pandai, namun memiliki watak yang keras. Uniknya meskipun ia nantinya akan memimpin rezim fasisme yang dikenal menjadikan kekuatan militer sebagai landasan utama lalu masuk militer tahun 1904. Saat itulah karier miluternya mulai berkembang.
Ia masuk dalam Partai Sosialis tahun 1900 dan menarik banyak pihak. Pidato dan tilusan yang mumpuni membuatnya dikenal sebagai tokoh yang keras dan berapi-api. Partai Sosialis Italia bahkan menjadikannya tokoh sentral karena tulisannya yang bisa menarik simpati masyarakat. Tulisannya bahkan menaikkan pamor partai sosialis dan menjadikan partai tersebut sebagai salah satu patrai besar di Italia.
Menyeberang ke Fasisme
Logo Partai Fasis Italia. (Foto: wikimedia.org)
Mussolini meninggalkan Partai Sosialis yang membesarkannya tahun 1914 bahkan bergabung dalam kalangan yang berseberangan dengan ideologi sosialisme yakni kaum menengah. Tahun tersebut juga menandai beridirinya surat kabar Popolo d'Italia yang mempropagandakan ideology fasisme. Ia pun menjadi salah satu tokoh sentral di Italia mulai saat itu.
Tahun 1921 dalam pemilu Italia menjadikan partai fasis memiliki tiga puluh lima perwakilan di parlemen. Kekuasaan dalam parlemen membuatnya menjadikan partai fasis sebagai partai Negara, lalu terciptalah Partai Fasis Italia dengan pengikut lebih dari 250 ribu rakyat yang mendukung langkahnya menjadi pemimpin Italia.
Ideologi socialisme sepertinya tidak ada lagi dalam tubuhnya. Terbukti ia nantinya akan menumpas sosialisme di Italia dengan dukungan dari segenap kalangan di Italia.
Negara Fasis Impian

Ambisinya menjadi penguasa Italia membuat dirinya merancang pemilu yang semakin memperkokoh posisi sebagai pemimpin. Pembunuhan pemimpin sosialis Italia yakni Giacomo Matteotti yang menjadi lawan politiknya membuktikan ambisinya tersebut. Hubungan dekatnya denga Paus Pius XI (1857-1939) menjadikannya didukung oleh semakin banyak rakyat, bahkan sang Paus dengan tegas menyatakan bahwa Mussolini adalah orang yang dikirim oleh Tuhan untuk Italia.
Tahun 1930-an merupakan masa kejayaan Mussolini. Semua pihak yang mendukungnya juga mendapatkan keuntungan dari pemerintahannya. Kebanyakan pihak yang dirugikan oleh Mussolini adalah kaum buruh disana karena kesejahteraan mereka yang semakin turun. Pemerintahannya menjadikan Italia diambang ketakutan bagi lawan-lawan politiknya.

Masa Sulit Italia
Bersama Hitler. (Foto: Pinterest)
Tahun 1930-an merupakan masa sulit dimana terjadi krisis ekonomi akibat permintaan yang anjlok terjadi di Italia. Awalnya ia mmembuat kebijakan ekonomi untuk memperbaiki kondisi krisis di Italia. Upaya menstabilkan Italia kalah jauh dibanding prioritasnya untuk memperluas kekuasaan Italia. Perang Ethiopia tahun 1935 menjadi bukti bahwa ia tak menghiraukan krisis dalam negeri dan berambisi memperluas kejayaan.
Perang lainnya juga diadakan tahun 1936, saat itu ia membantu Francisco Franco menjadi pemimpin fasis Italia tahun 1936, namun ia tak mendapat apa-apa dari sana. Selanjutnya ia bergabung bersama Hitler dan mulai membantai warga Yahudi seperti yang dilakukan Hitler. Ia mulai kehilangan pendukungnya saat itu karena kebijakannya yang tidak pro rakyat Italia.
Perang Dunia II menjadikan nama Mussolini kalah tenar disbanding Hitler, ia pun khawatir Hitler tidak mengajaknya dalam menguasai eropa. Kekhawatirannya tercermin dalam upaya memerangi Negara-negara Eropa bersama Hitler. Kondisi Italia yang kacau dan tidak stabil menjadikan Italia bulan-bulanan dalam perang. Ia membawa Italia di ambang kehancuran akibat kalah perang.
Kematian Tragis
Tahun 1940-an merupakan puncak keruntuhan rezim militer Mussolini karena kalah total dalam Perang Dunia II tahun 1942 dan melengserkannya dari kekuasaaan Italia. Rakyat marah besar kepadanya karena kata-katanya menjadikan Italia sebagai Negara adidaya hanya omong kosong. Ia pun akhirnya ditangkap dan dieksekusi mati tanggal 28 April 1945 di Italia.

0 Response to "Mengenal Mussolini dan Fasisme Italia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel