Loading...

Operasi Munchkin, Bukti Kegilaan Pasukan Jerman


Usaha gila Nazi ini adalah pengembangbiakan jenis kelinci angora raksasa di kamp-kamp konsentrasi untuk menyediakan bahan baku seragam tentara gestapo. Operasi ini bernama Operasi Munchkin dan direncanakan oleh Jenderal Heinrich Himmler yang mengepalai aksi pemusnahan kaum Yahudi di Jerman.

Dalam pelaksanaannya kelinci yang dikembangbiakan mengalami perlakuan yang istimewa dan berbanding terbalik dengan kondisi kaum Yahudi yang ditahan di lokasi yang berdekatan. Ketika para tahanan kelaparan serta kedinginan, kelinci yang dikembangbiakan malah mendapatkan makanan yang berlebih dan ditempatkan dalam tempat yang hangat.
Sebenarnya rencana operasi ini telah diberitakan oleh surat kabar Jerman yaitu Der Spiegel. Detil rencana ini ditulis dalam ‘buku Angora’ yang ditemukan dalam rumah persembunyian tentara Nazi di danau Tegernsee di Jerman tahun 1945.

Dalam buku tersebut berisi 150 foto kelinci yang dirawat oleh para tahanan Yahudi, bahkan para tahanan yang kedapatan tidak merawat kelinci dengan baik dieksekusi mati oleh tentara Nazi. Dijelaskan juga program ini dimulai sejak tahun 1941 setelah penyerangan Nazi ke Uni Soviet. Himmler mendapat ide untuk mengembangbiakan kelinci sebagai salah satu sumber benang wol untuk tentara Nazi.
Ia juga menuliskan bahwa sudah menjadi kewajibannya untuk mendirikan pusat pengembangbiakan kelinci di kamp konsentrasi. Tercatat juga bahwa dalam barak pengembangbiakan kelinci berisi sekitar 200 ekor sementara barak tahanan berisi sekitar 800 orang.
Kamp Dachau di kota Munich merupakan tempat pengembangbiakan kelinci pertama yang menjadi ‘percontohan’ untuk kamp lainnya. Tercatat sejumlah 6.500 kelinci dikembangbiakan selama 1941 dan 25.000 tahun 1943. Namun tahun tersebut merupakan tahun terakhir pengembangbiakan kelinci karena pasukan Jerman mengalami gempuran perang dan hasil panen wol yang kurang memuaskan.
Loading...

0 Response to "Operasi Munchkin, Bukti Kegilaan Pasukan Jerman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel