Pengertian Konflik Sosial


Harian SejarahKonflik sendiri dalam beberapa istilah diartikan sebegai configure atau memukul. Namun konflik juga dapat tercipta secara tidak terwujud (non fisik). Secara umum konflik dapat diartikan sebagai suatu proses sosial yang melibatkan dua belah pihak atau lebih yang bertujuan menjatuhkan, menghancurkan atau membuat seseorang tidak berdaya.

Latar belakang adanya konflik adalah adanya perbedaan yang sulit ditemukan kesamaannya atau didamaikan baik itu perbedaan kepandaian, ciri fisik, pengetahuan, keyakinan, dan adat istiadat.

Konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat. Bahkan, tidak ada satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik. Tiap masyarakat pasti pernah mengalami konflik, baik konflik dalam cakupan kecil atau konflik berskala besar. Konflik yang cakupannya kecil, seperti konflik dalam keluarga, teman, dan atasan atau bawahan. Sementara itu, konflik dalam cakupan besar, seperti konflik antargolongan atau antarkampung.

Pengertian Konflik Menurut Pendapat Para Ahli 

Soerjono Soekanto
Suatu proses sosial dimana individu atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan dengan disertai ancaman dan kekerasan
Gillin dan Gillin
Konflik merupakan bagian dari proses sosial yang terjadi karena adanya perbedaan-perbedaan fisik, emosi, kebudayaan, dan perilaku.

R.E. Park 
Konflik merupakan bagian dari salah satu bentuk interaksi.
Taman dan Burgess
Konflik merupakan bentuk kompetisi atau persaingan dan interaksi. Kompetisi atau persaingan adalah perjuangan antara individu atau kelompok individu yang dilakukan tanpa melalui kontak dan komunikasi. Di lain pihak konflik adalah sebuah perlombaan di mana terjadi kontak sebagai kondisi yang sangat diperlukan.

Robert M. Z. Lawang
Konflik adalah sebuah perjuangan untuk memperoleh hal-hal yang langka seperti, nilai, status, kekuasaan dan sebagainya.

De Moor
Konflik terjadi jika para anggotanya secara besar-besaran membiarkan diri dibimbing oleh tujuan (nilai) yang bertentangan. 

Lewis A. Coser
Konflik merupakan sebuah perjuangan mengenai nilai-nilai atau tuntutan atas status, kekuasaan, bermaksud untuk menetralkan, mencederai, atau melenyapkan lawan.

Max Weber
Konflik merupakan suatu hubungan sosial yang dimaknai sebagai keinginan untuk memaksakan kehendaknya pada pihak lain.

0 Response to "Pengertian Konflik Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel