Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016

Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016

Republik Turki sebagaimana yang kita tahu muncul dibalik kilas berakhirnya Perang Dunia I. Republik Turki muncul sebagai Turki Modern menggantikan sistem monarki Kesultanan Turki Utsmani yang berlangsung selama 624 tahun sebelum akhirnya runtuh pada 1 November 1922. Republik Turki muncul sebagai negara modern. 
Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016

Tidak ada perubahan pada Bendera Republik Turki dengan Bendera Kesultanan Turki, akan tetapi sistem pemerintahannya berubah 180’ dari sistem monarki absolut menjadi negara demokrasi sekuler. Republik Turki muncul bersama dengan negara-negara modern lainnya yang semula adalah kerajaan-kerajaan di Eropa seperti Hongaria dan Serbia.

Sepanjang perjalanan Republik Turki yang belum genap 100 tahun. Beberapa kali terjadi upaya kudeta yang dilakukan oleh kalangan militer terhadap kebijakan penguasa atau menggulingkan pemerintahan yang sah. Dan miiliter pula yang menggulingkan kekuasaan Kesultanan Turki Utsmani.

Berikut ini beberapa kudeta yang pernah terjadi sejak Republik Turki berdiri:

1. Kudeta 1952 

Mustafa Kemal Atatürk presiden pertama Republik Turki mengambil sebuah kebijakan netralitas dalam hal kebijakan pakta pertahanan. Mustafa Kemal mengambil mengambil sikap untuk tidak bergabung dengan North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Antlantik Utara. Namun militer mengammbil sikap yang berlawanan. Militer secara pihak tanpa melihat pertimbangan presiden mengambil kebijakan untuk bergabung dengan NATO. Ini merupakan pertama kali sejak berdirinya Republik Turki militer melawan kebijakan presiden.

2. Kudeta 1960

Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016

Perdana Menteri Adnan Menderes ingin memberikan sebuah konsesi kepada penganut agama Islam untuk menjalankan ibadahnya. Adnan Menderes mengambil kebijakan untuk membuka kembali masjid-masjid dan memberikan izin menggunakan pengeras suara untuk adzan.

Kalangan sekuler yang masih memiliki kekuatan yang kuat memberikan tekanan politik kepada Perdana Menteri Menderes. Akibat ini Menderes menerapkan jam malam untuk melakukan tindakan represif terhadap lawan-lawan politiknya.
Rakyat yang tidak setuju dengan kebijakan Menderes dan mendesaknya untuk mundur. Pada 27 Mei 1960 tentara menggulingkan PM Menderes atas desakan rakyat, Menderes kemudian dihukum mati. Masa transisi ini kemudian sementara Jenderal Cemal Gursel memimpin kekuasaan hingga 1965. Sebagai Presiden Turki pertama yang dipilih secara demokrasi, Menderes dinilai melakukan serangkaian pelanggaran HAM dan berusaha mengembalikan syariat Islam di Turki.
3. Kudeta Turki 1971

Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016

Resesi ekonomi yang melanda Turki pada tahun 1971 membuat Rakyat Turki marah. Rakyat menilai PM Suleyman Demirel gagal mengatasi lonjakan harga bahan pangan dan inflasi. Lapangan pekerjaan yang diinginkan rakyat pun tidak dapat terpenuhi.

Resese ini tidak dapat ditangani karena Turki sibuk oleh pertikaian sayap kanan dan kiri di Turki. Akibat ini Turki terseret kedalam arus perang dingin.

Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016
(Foto/Burhan Ozbilici- Merdeka.com)
Melihat kondisi negara yang tidak stabil akibat resesi ekonomi. Militer menggulingkan Suleyman dengan alasan mengembalikan kestabilan tatanan masyarakat.

Kudeta ini dipimpinan oleh Jenderal Kenan Evren. Suleyman pun lengser dan kemudian digantikan oleh Nihat Erim yang diangkat menjadi PM baru dari Partai Republikan.

4. Kudeta Turki 1980 

Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016

Panggung politik Turki sangat tidak kondusif hingga tahun 1980. Negara ini telah mengganti 11 perdana menteri sejak pembentukannya.

Elite partai saling bertarung untuk merebut hegemoni di pemerintahan. Konflik memuncak pada tahun 1980. Militer kembali melakukan kudeta dengan dalih bahwa elite politik tidak memberikan kontribusi positif.

Laksamana Bulend Ulusu mengambil hegemoni pemerintahan hingga 1983 sebelum kekuasaan beralih kepada Jenderal Evren, tokoh dibalik kudeta 1971.

Kudeta yang berlangsung pada 1980 membuat perekonomian Turki collapse. Jenderal Evren dalam menjalankan kekuasaanya banyak melakukan tindak penculikan dan penyiksaan terhadap oposisi. Hal ini berlangsung hingga Jenderal Evren turun pada 1989.

Kudeta Turki 1997

Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016

Perdana Menteri Necmettin Erbakan dipaksa mundur pada 1988. Kudeta ini dilatarbelakangi ketidaknyamanan Militer karena Partai Islam Sejahtera sebagai pemenang pemilu 1995 tidak mampu membentuk koalisi permanen di parlemen.

Pada kudeta ini tentara tidak dikerahkan sama sekali. Pemerintah dipaksa mundur karena tidak memenuhi keinginan tentara yang diwakilkan oleh petinggi militer yang sebelumnya mendatangi pemerintah untuk menetapkan larangan berhijab, membatasi sekolah Islam, dan melaksanakan serangkaian kebijakan sekuler lainnya.

Karena tidak mampu melaksanakan tuntutan tersebut, Erbakan mundur pada 1998 tanpa adanya pengerahan tentara dan dilarang untuk berpolitik selama lima tahun.

Kudeta Turki 2012 

Erdogan yang pada saat kudeta 1997 menjadi anggota dari Partai Islam Sejahtera kemudian mendirikan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) beberapa tahun pasca pembubaran Partai Islam Sejahtera.

Erdogan akhirnya mampu naik menjadi Perdana Menteri. Pada 2012 Erdogan memenjarakan sekitar 300 perwira militer dengan tuduhan upaya melakukan kudeta. Erdogan menganggap Angkatan Bersenjata menyiapkan rencana untuk menggulingkannya dari kursi Perdana Menteri. Erdogan merupakan Perdana Menteri pertama yang berhasil mengantisipasi kudeta militer.

Kudeta Turki 2016

Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016
Fethullah Gülen (Foto/onfaith.co)
Kali ini kudeta dilangsungkan saat Erdogan menjadi Presiden Turki. Erdogan mengklaim dirinya berhasil menggagalkan kudeta militer yang dilakukan oleh tentara yang kontra kekuasaanya.

Kudeta ini dianggap berhasil diredam karena masyarakat turun dan tentara pro pemerintahan turun ke jalan untuk mencegah langsung kudeta.

Erdogan menuduh Fethullah Gülen, ulama tersohor di Turki sebagai dalang dari upaya Kudeta. Fethullah Gülen sendiri berada di Amerika Serikat pada saat kejadian.

Erdogan kemudian menyingkirkan seluruh pengaruh Fethullah Gülen di Turki dan mengirimkan pesan kepada negara-negara yang memiliki hubungan kerja sama dengan Fethullah Gülen untuk mengakhirinya.

Pada kudeta ini sedikitnya 60 orang tewas dan sebanyak 336 orang ditahan terkait upaya kudeta.



Referensi :

0 Response to "Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel