Sebab dan Faktor Terjadinya Perilaku Menyimpang


Sebab terjadinya penyimpangan dari sudut pandang sosiologi :
(Soal dan Pembahasa Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial disini)
  1. Perilaku menyimpang karena sosialisasi, hal tersebut karena adanya gangguan pada proses penyerapan dan pengamalan nilai-nilai yang ada di masyarakat.
  2. Anomie, yaitu situasi tanpa norma dan arah sehingga tidak tercipta keselarasan antara kenyataan yang diharapkan dengan kenyataan sosial yang ada atau mulai memudarnya norma lama yang tidak  relevan  tetapi  masyarakat belum menciptakan norma baru yang sesuai sehingga masyarakat mengalami kegalauan dalam bertindak.
  3. Pemberian julukan (labeling), upaya kontrol sosial yang diberikan kepada masyarakat melalui pem- berian label (julukan). Pada perilaku menyimpang seringkali menimbulkan serangkaian peristiwa yang justru mempertegas dan meningkatkan tin- dakan penyimpangan.



Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang

  • Faktor Internal: Penyebab perilaku menyimpang dalam faktor internal adalah intelegensi atau tingkat kecerdasan, usia, jenis kelamin dan kedudukan seseorang dalam keluarga. Contohnya: seseorang ang tidak normal dan pertambahan usia
  • Faktor Eksternal: Penyebab perilaku menyimpang dalam faktor eksternal adalah kehidupan rumah tangga, atau keluarga, pendidikan di sekolah, pergaulan dan media massa. Contohnya: seorang anak yang biasa melihat orang tuanya bertengkar dapat melarikan diri pada obat-obatan, atau narkoba. Pergaulan individu yang berhubungan dengan teman-temannya, media massa, media cetak, media eletkronik.

0 Response to "Sebab dan Faktor Terjadinya Perilaku Menyimpang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel