Sebab-sebab Terjadinya Konflik


Sebab-sebab Terjadinya Konflik
  1. Perbedaan individu, dipicu adanya perbedaan karakteristik setiap individu.
  2. Perbedaan kebudayaan (sistem nilai dan norma), kebudayaan mempengaruhi perkembangan/pem- bentukan kepribadian seseorang.
  3. Perbedaan kepentingan, setiap individu atau ke- lompok pasti memiliki kepentingan yang berbeda, dan perbedaan itu dapat memicu konflik.
  4. Perubahan sosial, setiap orang tidak sama dalam menyikapi adanya perubahan, dan perbedaan sikap tersebut dapat menimbulkan konflik.
  5. Perbedaan pendirian dan perasaan orang seorang makin tajam sehingga timbul bentrokan perseorangan
  6. Perubahan sosial yang terlalu cepat di dalam masyarakat sehingga terjadi disorganisasi dan perbedaan pendirian mengenai reorganisasi dari sistem nilai baru.
  7. Perbedaan kebudayaan yang memengaruhi pola pemikiran dan tingkah laku perseorangan dalam kelompok kebudayaan yang bersangkutan. Hal ini akan menimbulkan pertentangan kelompok.
  8. Bentrokan antar kepentingan, baik perseorangan maupun kelompok, misalnya kepentingan ekonomi, sosial, politik, ketertiban, dan keamanan.
  9. Permasalahan di bidang ekonomi, seperti kelangkaan beberapa kebutuhan pokok masyarakat.
  10. Lemahnya kepemimpinan pada berbagai tingkatan (weak leadership)
  11. Ketidakadilan yang dirasakan oleh sebagian atau seluruh kelompok masyarakat
  12. Rendahnya tingkat penegakan hukum (lack of legal mechanism)
  13. Tererosinya nilai-nilai tradisional yang mengedepankan kebersamaan dan harmoni (erosion of traditional community strengthening values).
  14. Sejarah opresi pemerintah pada masa lalu terutama melalui kekuatan militer bersenjata (past history of goverment oppression

0 Response to "Sebab-sebab Terjadinya Konflik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel