Sejarah Pendirian National Geographic Society


 
Pada tanggal 27 Januari 1888, National Geographic (NG) didirikan di Washington DC, pendiriannya didasari oleh upaya peningkatan dan penyebaran pengetahuan geografis. Awalnya NG didirikan oleh 33 orang yang sebelumnya berkumpul dan berdiskusi, 33 orang tersebut terdiri dari unsur-unsur kelompok yang beragama. Mereka diantarannya adalah geograf, penjelajah, guru, pengacara, kartografer, perwira militer, dan pemodal.

Pendiri
Terdapat 33 orang pendiri National Geographic, yaitu:
  1. Adolphus Washington Greely
  2. Almon Harris Thompson
  3. Arthur Powell Davis
  4. Charles J. Bell
  5. Clarence Dutton
  6. Cleveland Abbe
  7. Clinton Hart Merriam
  8. Edward Everett Hayden
  9. Frank Baker
  10. Gardiner Greene Hubbard
  11. George Brown Goode
  12. George Kennan
  13. George Wallace Melville
  14. Gilbert Thompson
  15. Grove Karl Gilbert
  16. Henry Gannett
  17. Henry Wetherbee Henshaw
  18. Henry Mitchell
  19. Herbert Gouverneur Ogden
  20. Israel Russell
  21. James Howard Gore
  22. James Clarke Welling
  23. John Russell Bartlett
  24. John Wesley Powell
  25. Marcus Baker
  26. Otto Hilgard Tittmann
  27. Robert Muldrow II
  28. Rogers Birnie
  29. Samuel Gannett
  30. Willard Drake Johnson
  31. William Bramwell Powell
  32. William Dall
  33. Winfield Scott Schley
Sumber: Wikipedia


Mereka semua berbagi minat dalam pengetahuan ilmiah dan geografi, mereka membahas mengenai penemuan, perubahan, dan komunikasi masa, serta bagaimana orang Amerika dapat menjadi lebih ingin tahu mengenai sesuatu yang berada disekitar mereka.

Dengan tekad dan disatukan atas kesepakatan bersama, mereka kemudian melakukan organisasi untuk NG dan terpilihlah seorang pengacaran dan filantropis bernama Garniner Greeene Hubbard sebagai presiden pertama NG. Hubbard merupakan ilmuwan maupun geograf yang mewakili keinginan masyarakat awam untuk lebih mengenal jauh mengenai geograf.

Sembilan bulan setelah awal, Masyarakat menerbitkan edisi pertama majalah National Geographic. Pembaca tidak tumbuh, namun, sampai Gilbert H. Grosvenor mengambil alih sebagai editor di 1899. Dalam hanya beberapa tahun, Grosvenor mendorong sirkulasi dari 1.000 menjadi 2 juta dengan membuang format majalah pendek, artikel terlalu teknis untuk artikel kepentingan umum disertai oleh foto-foto. 

National Geographic cepat menjadi dikenal untuk fotografi menakjubkan dan perintis, menjadi yang pertama untuk mencetak foto alam-warna langit, laut dan Polandia Utara dan Selatan.
yang diharapkan. Barulah setelah Grosvenor mengambil alih sebagai editor pada tahun 1899. Dalam hanya beberapa tahun Grosvenor menodorng sirkulasi dari 1000 majalah yang tersebar menjadi 2 juta majalah. NG membuang format majalah yang lama dan melakukan perubahan dengan menambahkan foto-foto.

NG kemudian cepat dikenal sebagai perintis majalah yang menampilkan foto-foto yang menakjubkan untuk foto keindahan alam, salah satunya mengenai foto langit dan laut di Polandia Utara dan selatan.
Dari pendapatan yang diperoleh dari masyarakat atas penjualan majalah. NG kemudian mensponsori ekspedisi dan proyek-proyek penelitian mengenai pemahan manusia tentang fenomena alam. Dalam peran ini, NG membuat beberapa prestasi besar dalam eksplorasi ilmu pengetahuan. Untuk saat ini telah diterima sekitar lebih dari 1.400 dana hibah ditujukan kepada NG yang membantu dalam proyek-proyek seperti: Robert Peary melakukan ekspedisi ke Kutub Utara, Richard Byrd yang terbang di Kutub Selatan, Jacques Cousteau yang menelidik laut dan Jane Goodall dalam mengamati simpanse liar, serta beberapa banyak proyek-proyek lain.

Hingga saat ini, NG adalah salah satu lembaga ilmiah dan pendidikan non-profit terbesar di dunia. Yang menjadi perhatian National Geographic meliputi Geografi, arkeologi dan ilmu alam, kampanye lingkungan hidup dan konservasi sejarah, serta studi tentang sejarah dan kebudayaan dunia.


National Geographic saat ini telah terbit di 60 negara dalam 30 bahasa dengan oplah lebih dari 9,5 juta eksemplar per bulan.. Masyarakat kini dapat melihat dirinya sebagai agen dari pemberdayaan sumber daya alam di planet ini dan NG berusaha mendidik pembacanya tentang hubungan yang unik antara manusia dengan bumi yang mereka miliki. Harian Sejarah

0 Response to "Sejarah Pendirian National Geographic Society"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel