Wajah-Wajah Yahudi di Dunia

Wajah-Wajah Yahudi di Dunia
Pada waktu yang sama komunitas imigran di Israel tetap mempertahankan tradisi asli negara negara asal mereka. Hari ini mayoritas dari orang-orang Israel memutuskan dirinya untuk sekuler.

Harian Sejarah - Mayoritas dari orang-orang Yahudi sekarang adalah keturunan ashkenazi (Eropa Timur) atau Sephardi (Spanyol).  Dalam dua kelompok budaya utama ini ada beberapa cabang keagamaan yang mana telah berkembang selama lebih dari beberapa periode waktu untuk memenuhi kebutuhan kehidupan kontemporer.  

Cabang-cabang dari agama Yahudi berbeda dalam kekuatan kepercayaannya dimulai dari ekstrim Ortodoks,  sampai mereka mengadopsi pendekatan lebih liberal terhadap agama dan kehidupan. Tetapi karena Yahudi lebih dari sekedar kepercayaan, berbagai kebiasaan dan tradisi telah berkembang di komunitas yang ada di seluruh dunia. Untuk contoh ada perbedaan besar antara Yahudi Ethiopia dan Yahudi Yaman. Pada dasarnya mereka berbagi bahasa yang sama dan sejarah yang sama,  tidak peduli apa yang iya percayai dan tradisi yang mereka ikuti.

Berikut ini adalah aliran agama Yahudi secara umum:



Reformasi 


Rabi Perempuan (Foto: Messianicjudaism.me)
Gerakan yang di ketahui  yang diketahui sebagai reformasi agama yahudi,  dimulai di Jerman pada awal abad 19. Reformasi kepercayaan Yahudi, torah, dan Talmud tidak mengandung secara harfiah kata-kata Tuhan, tetapi ditulis oleh orang-orang yang terinspirasi oleh Tuhan. Ini dimaksudkan agar mereka dapat beradaptasi terhadap kepercayaan mereka dalam kehidupan modern. Contohnya seperti meningkatnya status perempuan Yahudi reformasi agama Yahudi kenal juga sebagai Yahud liberal dan Yahudi progresif yang merupakan grup terbesar Yahudi di Amerika.

 Ortodoks
(Foto: Orthodox-jews.com)

Yahudi Ortodoks mengikuti tradisi tradisional dan keimanan mereka.  Mayoritas Yahudi yang tinggal di Eropa adalah Ortodoks, tetapi Yahudi ultra-ortodoks salah satu grup yang pertumbuhannya paling cepat. bersifat keras kepala pada kepercayaan agama mereka.

Yahudi ini cenderung hidup terpisah dari komunitas lingkungan sekitar seperti sekolah dan hukum yang berlaku umum pada lingkungannya. mereka menganggap merupakan kesalahan untuk bercampur dengan dunia luar bahkan dengan Yahudi yang kurang taat.  Dalam pergerakan Ultra Ortodoks ada beberapa sekte, setiap pergerakan memiliki kepemimpinan seperti Lubavitch sekte di Amerika Serikat.


Konservatif
(Foto: rudermanfoundation.org)

Solomon Sechter (1847-1915) mengendalikan di belakang pergerakan konservatif, diketahui sebagai Masorti(tradisi).  Yahudi konserfatif mengambil Jalan Tengah antara Ortodoks dan Yahudi Reformis.




Samaria


(Foto: uffingtonpost.com)

Komunitas Samaria di Israel dapat dilacak kemabli pada abad ke 7 sebelum masehi. Walaupun mereka tidak memutuskan diri mereka menjadi Yahudi. Samaria menerima otoritas hukum moses, mematuhi sabat, melaukan penyunantan juga. Hari ini, komunitas samaritan hidup di Israel jumlahnya 500 orang

Yahudi di beberapa negara:


Yahudi di Ethiopia
(Foto: pinterest.com )
Asal dari Yahudi dari Etopia diketahui sebagai Beta Israel (rumah dari Israel). sampai saat ini masih menjadi  sumber perdebatan beberapa sejarawan Yahudi. Yahudi Ethiopia percaya bahwa mereka adalah keturunan dari Raja Sulaiman dan Ratu Sheba. 

Kepercayaan lainnya bahwa mereka termasuk suku yang hilang dari Israel. Apapun Asal  eksistensi mereka,  Yahudi Etopia hanya mencolok pada kisaran 1850-an. Untuk menghindari kelaparan yang diakibatkan situasi perang di Ethiopia, hampir seluruh populasi Yahudi berangkat menuju Israel kurun waktu 1980-an sampai 1990-an.

Yahudi di Israel
(Foto: palestinechronicle.com )
Israel adalah rumah lebih dari 6 juta komunitas yahudi, kedua terbesar di luar Amerika. Hukum pengembalian yang disahkan pemerintah Israel memperbolehkan ribuan Yahudi untuk menjadi warga negara Yahudi yang berasal dari seluruh dunia. Semuanya disambut baik oleh pemerintahan Israel. Pada waktu yang sama komunitas imigran di Israel tetap mempertahankan tradisi asli negara negara asal mereka. Hari ini mayoritas dari orang-orang Israel memutuskan dirinya untuk sekuler.

Yahudi di India 
(Foto: haaretz.com )
Yahudi di India telah diperkirakan telah ada 2000 tahun yang lalu,  mereka dibagi menjadi tiga grup berbeda Bena Israel (Yahudi dari Israel),  Yahudi Cochin, dan  mereka yang datang dari negara Eropa seperti Spanyol. Semua grup ini mempraktikan Sephardi  pada sinagoga mereka.  Hari ini ada beberapa ribu Yahudi India.

 Yahudi di Yaman
(Foto: pamelageller.com )
Ada bukti Yahudi tinggal di Yaman dari abad pertama. Yahudi zaman sangat kuat tradisi keilmuan dan memiliki buku doa sendiri yang disebut Tikial. Sebagian besar mereka hidup di Amerika dan Israel, hanya beberapa saja yang tersisa di Yaman.

Refrensi: Eyewitness Judaism. DK Publishing. 

0 Response to "Wajah-Wajah Yahudi di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel