Marilyn Monroe, Legenda Bintang Hollywood


Marilyn Monroe merupakan aktris film dan model Hollywood yang menjadi salah satu simbol seks paling populer pada 1950an, menandai atitud terhadap seksualitas pada era tersebut. Dengan gaya mencolong, ramput pirang champagne dan cara bicara yang terengah-engah menjadi cirri khasnya.

Marilyn Monroe lahir pada 1 Juni 1926 di Los Angeles, California dengan nama lahir Norma Jean Baker. Tumbuh sebagai gadis kecil yang mengalami masa kecil yang dinilai terganggu tanpa cinta disekelilingnya dan dibesarkan di panti asuhan. Ibunya, Gladys (Monroe) Baker Mortenson dirawat di rumah sakit setelah didiagnosa menderita skizofrenia paranoid yang menyebabkan gangguan kondisi mental yang berat.

Monroe dan suami pertamanya James Dougherty


Pada tanggak 19 Juni 1942, pada usia 16 tahun ia menikah dengan James Dougherty. Pernikahan tersebut hanya berlangsung selama setahun ketika James bergabung dengan US Merchant Marinir pada tahun 1943. Meskipun mengalami masa yang kelam dengan kegagalan pernikahannya, Norma Jean merupakan sosok wanita dewasa yang tangguh dan kuat. Pengalamannya membuatnya mengetahui kelebihan dan kekurangannya dan membentuk dirinya menjadi sosok yang fenomenal pada abad ke-20 yang kemudian mengangkat namanya sebagai Marilyn Monroe.

Selama Perang Dunia II berlangsung pada tahun 1939-1945, yang merupakan puncak dari adu kekuatan antara Blok Militer di Dunia, kekuatan Axis : Jepang, Italia, dan Jerman melawan Sekutu: Inggris, Perancis, Uni Soviet, dan Amerika Serikat, Norma Jean bekerja di Radio sebuah Perusahaan di Van Nuys, California. Ketika ia bertemu dengan seorang fotografer, ia kemudian melakukan kursus modeling selama tiga bulan dan pada tahun 1946 setelah ia mengetahui talenta dan bakatnya, serta memiliki cukup potensi dan mempesona, Norma Jean kemudian berkarier di dunia akting. Pada tanggal 26 Agustus 1956, ia menandatangani kontrak senilai 125 dolar per minggu dengan jangka waktu satu tahun. Kemudian ia mendapatkan saran untuk mengganti nama dari seorang bernama Ben Lyon untuk berganti nama baru menjadi Marilyn Monroe.

Selama tahun pertama berkarier di Fox, ia tidak muncul di dalam film yang diproduksi dan kemudian diputus kontrak. Marilyn kemudian bekerja di Columbia Pictures pada tahun 1948. Setelah serangkaian peran film kecil, ia menandatangani sebuah kontrak baru dengan Fox pada 1951. Dua tahun berikutnya, ia menjadi seorang aktris populer dengan peran-peran dalam beberapa film komedi, yang meliputi As Young as You Feel dan Monkey Business, serta dalam film drama Clash by Night dan Don't Bother to Knock. Monroe menghadapi sebuah skandal saat foto-foto telanjangnya terbongkar yang diambil sebelum menjadi seorang bintang, namun bukannya merusak kariernya, cerita tersebut meningkatkan tawaran terhadap perfilman.

Dalam film noir Niagara (1953), ia menampilkan aura seksualnya
Kurun waktu 1953, Monroe menjadi salah satu artis Hollywood yang paling di soroti pada peran-peran utamanya dalam tiga film Noir Niagara yang berfokus pada adegan seksual dan film komedia n Gentelmen Prefer Blondes dan How Mary a Millionaire yang menjadikan citranya sebagai "dumb blonde" terbangun dengan cemerlang. Meskipun ia memainkan peran penting dalam pembuatan dan pengurusan citra publiknya sepanjang kariernya, ia tidak menyetujui jenis peran dan bayaran yang diberikan studionya. Ia cuti pada awal 1954 untuk berhentik ikut dalam sebuah proyek film, namun kembali menjadi bintang dalam salah satu kesuksesan box office terbesar pada masa akrirnya, The Seven Year Itch (1955).

Marilyn Monroe dan Arthur Miller
Pada tahun 1955 Monroe membentuk sendiri studionya yaitu Marilyn Monroe Productions dan merundingkan kembali kontraknya dengan Century Fox. Dia kemudian muncul dalam film Bus Stop tahun 1956 dan kemudian menikah dengan seorang Dramawan bernama Arthur Miller. Monroe kemudian tampil dalam film yang diproduksinya sendiri yaitu The Prince dan Showgilr

Pada tahun 1958 ia memenangkan penghargaan sebagai aktris asing terbaik dari Penghargaan David di Donatello, Italia. Pada tahun 1959 ia muncul dalam Some Like It HotPada tahun 1961 ia membintangi The Misfits, yang skenarionya ditulis oleh suaminya Miller. Pada tahun 1961, Monroe dan Miller bercerai.

Kehidupan pribadi Monroe yang bermasalah menuai perhatian. Ia berjuang dengan kecanduan, depresi, dan kecemasan. Dua pernikahannya sangat disorot, yakni dengan pemain bisbol Joe DiMaggio dan pengarang drama Arthur Miller, yang keduanya berakhir dengan perceraian. Ia meninggal pada usia 36 tahun karena overdosis barbiturat di rumahnya di Los Angeles pada 5 Agustus 1962. Meskipun kematian tersebut dinyatakan sebagai tindakan bunuh diri, beberapa teori konspirasi muncul dalam beberapa dekade setelah kematiannya.

Penghargaan dan nominasi

  • 1952 Photoplay Award: Penghargaan Khusus
  • 1953 Photoplay Award: Bintang Wanita Terpopuler
  • 1956 BAFTA Film Award (Inggris): nominasi Aktris Luar Negeri Terbaik (The Seven Year Itch)
  • 1956 Golden Globe: nominasi Aktris Komedi/Musikal Terbaik (Bus Stop)
  • 1958 BAFTA Film Award (Inggris): Aktris Luar Negeri Terbaik (The Prince and the Showgirl)
  • 1958 David di Donatello Award (Italia): Piring Emas (The Prince and the Showgirl)
  • 1959 Crystal Star Award (Prancis): Aktris Luar Negeri Terbaik (The Prince and the Showgirl)
  • 1960 Golden Globe: Aktris Komedi/Musikal Terbaik (Some Like It Hot)
  • 1962 Golden Globe: Favorit Film Dunia kategori WanitaBintang pada Hollywood Walk of Fame 6104 Hollywood Blvd

0 Response to "Marilyn Monroe, Legenda Bintang Hollywood"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel