Mengenal Josip Broz Tito Sang Pemersatu Yugoslavia


Yugoslavia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa. Negeri tersebut membutuhkan pemimpin yang menyatukannya. Josip Broz Tito merupakan tokoh pemimpin dan pemersatu bagi negara Yugoslavia.

Masa Kecil
Masa Muda. Foto :bosnia.prins-ict.nl

Lahir dengan nama Josip Broz Tito pada 25 Mei 1892 dari keluarga miskin di Zagreb, Kroasia. Ia merupakan anak ketujuh dari lima belas bersaudara. Selama sekolah ia juga membantu kehidupan orang tuanya dengan bekerja serabutan. Ia hanya belajar di sekolah hingga berumur dua belas tahun, setelah itu ia mulai belajar menjadi tukang kunci sembari belajar mandiri mengenai sejarah, geografi dan bahasa.

Setelah menghabiskan beberapa tahun menjadi mekanik di Slovenia, Kroasia, Austria serta Jerman, ia masuk ke dalam tentara Austro-Hungarian saat Perang Dunia I pecah. Saat terluka dalam perang, ia ditangkap dan menjadi tahanan perang Rusia. Ia kemudian bergabung dengan tentara merah. 

Pada tahun 1920 ia kembali ke Kroasia dan bergabung dengan Partai Komunis Yugoslavia. Tahun 1928 ia ditahan selama lima tahun karena aktivitasnya dalam partai tersebut, namun tahun 1934 ia dipilih menjadi anggota Komite Sentral dan Politbiro di partai tersebut.

Perang Dunia II dan Revolusi Yugoslavia
Tentara yugoslavia. Foto:wio.ru
Kiprahnya yang berhasil menjadikan Partai Komunis Yugoslavia ke papan atas membuat negeri tersebut bersatu. Partai pimpinannya turut menyatukan Yugoslavia dan menjadikannya Berjaya dalam Perang Dunia II melawan tantara Jerman. Tito memerintahkan pasukan kecil untuk menahan pasukan Jerman dan mendukung usaha Raja Peter II.

Pencapaian terbesarnya dalam Perang Dunia II adalah menumpas tentara Jerman sekaligus mengobarkan revolusi komunis di Yugoslavia. Pasukan yang ia pimpin tidak hanya mengalahkan Jerman namun juga memenangkan hati masyarakat karena memberikan pembebeasan pada rakyat Yugoslavia. 

Pasukan revolusi komunis kemudian menjadi pasukan nasional Yugoslavia berkat usahanya. Pasukan revolusi ini membawa program baru bagi Yugoslavia seperti reformasi birokrasi dan program lain. Tito sukses melakukan revolusi di Yugoslavia dengan lancar dan menggalang penuh dukungan rakyat.

Pada Desember 1943 pasukan Yugoslavia berhasil melawan pasukan Jerman dengan sedikit bantuan dari Uni Soviet di Belgrade, Yugoslavia, namun secara keseluruhan pasukan pimpinannya berhasil memukul mundur tentara Jerman tanpa bantuan Negara lain. 

Pada agustus 1945 merupakan saat dimana Republik Federasi Yugoslavia terbentuk.

Yugoslavia Pasca Perang
Upacara Kematian Tito. Foto:irishtimes.com
Sejak 1945 hingga 1953 Tito menjadi Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Yugoslavia. Selama 1945 hingga 1948 ia memimpin dengan tangan besi untuk menjadikan negeri tersebut lebih teratur. 

Pada Januari 1953 ia menjadi Presiden pertama Yugoslavia. Kemudian pada 1963 ia diangkat sebagai Presiden seumur hidup disana.



Tahun 1953 merupakan saat dimana Tito mengubah peta politiknya dengan Uni Soviet. Ia menolak tawaran Joseph Stalin untuk menjadi anggota blok komunis Uni Soviet. 

Ia menyatakan bahwa Yugoslavia harus menjadi negara yang mandiri tanpa pengaruh negara lain. Meskipun hubungan kedua Negara ini membaik era Khrushcev, Yugoslavia tetap tidak menjadi bagian blok Soviet.

Tito sendiri menjadikan Yugoslavia sebagai bagian negara non-blok. Yugoslavia kemudian memprakarsai dan bergabung dengan Gerakan Non Blok (GNB).

Ia menjalin hubungan baik dengan negara-negara Arab, memprotes kebijakan invasi Soviet di Hungaria dan Cekoslovakia. Ia menjadikan Yugoslavia sebagai anggota dalam PBB dan menjabat sebagai Presiden hingga kematiannya pada 4 Mei 1980.

0 Response to "Mengenal Josip Broz Tito Sang Pemersatu Yugoslavia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel