Mengenal Karl Marx


Karl Marx dikenal sebagai seorang ekonom yang mengutarakan ide-ide tentang kesetaraan social masyarakat. Pemikirannya nanti akan menjadi kerangka ideologi-ideologi seperti Marxism dan Komunisme di berbagai belahan dunia. 

Masa Muda
Marx Muda. Foto;marxists.org

Terlahir dengan nama Karl Heinreich Marx pada 5 Mei 1818 dari keluarga pengacara Yahudi. Meskipun berdarah Yahudi, mereka menganut aliran kristen Lutheran. Marx sendiri merupakan seorang atheis dan materialis (hanya meyakini sesuatu yang nampak).
Marx lulus dari sekolah menengah pada umur tujuh belas tahun pada 1835, kemudian ia masuk ke Universitas Bonn di Jerman dengan jurusan hukum. Ia malah lebih menyukai sastra dan filsafat daripada hokum yang membuat kedua orang tuanya memindahkannya ke Universitas Berlin karena perilakunya yang buruk disana. Ia lulus di Universitas Berlin pada 1841 dengan gelar doktor.

Hidup Berpindah-pindah

Koran Neue Rheinische Zeitung. Foto;gettyimages.com

Untuk memenuhi kebutuhannya, ia mulai menulis dan menjadi wartawan di harian Rheinische Zeitung, namun karena koran tersebut terlalu radikal pemerintah lalu menutup harian tersebut. Tahun 1845 di Belgia ia mendirikan partai pekerja Jerman. Saat itu pula ia menghasilkan buku Manifesto Komunis yang menjadi rujukan para tokoh kiri nantinya.
Tahun 1848 setelah diusir dari Belgia oleh pemerintah ia kembali menjadi editor harian Neue Rheinische Zeitung. Harian tersebut kembali ditutup, ia pindah ke Paris namun pemerintah disana kembali mengusirnya. Jadilah ia tinggal di London sebagai orang tanpa kewarganegaraan karena kerajaan Inggris menolak pengajuan kewarganegaraannya dan Prusia yang menolak permohonan kewarganegaraan kembali sepanjang hidupnya.
Di London ia bekerja sebagai contributor New York Daily Tribune dengan bayaran rendah. Ia hidup dengan miskin dan temannya, Friedrich Engels yang membantunya. Di kota itu pula mereka berdua mendirikan Serikat Pekerja Internasional tahun 1864. Sejak itulah Marx dikenal sebagai tokoh dengan pemikiran keras yang memberi kontribusi gerakan sosialisme dan buruh dunia.

Kehidupan Pribadi
Bersama Sang Istri. Foto:reddit.com

Marx diketahui menikah dengan Jenny von Westphalen pada 19 Juni 1843. Ia dikarunia tujuh anak, namun hanya tiga yang selamat. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya di museum Kerajaan Inggris untuk melakukan riset untuk artikel dan buku-buku miliknya. Karya miliknya yang terkenal lainnya adalah Das Kapital hasil penelitiannya di museum tersebut.
Kehidupan yang tidak sehat seperti merokok dan minuman keras membuat kesehatannya terganggu. Ia meninggal pada 14 Maret 1883 dalam ruang kerjanya dan dikuburkan di pemakaman Highgate dengan batu nisan berbentuk kepala hingga bahu tubuhnya.

Karya dan Pemikiran Marx
Ilustrasi Revolusi Rusia. Foto:pinterest.com

Pemikiran Marx/ Marxism mencapai kejayaan pertamanya saat Revolusi Rusia pada 1917 oleh Vladimir Lenin. Pemikiran Marx tersebut diterjemahkan Lenin menjadi sebuah ideology ekonomi dan pemerintahan. Terlebih lagi karya-karya Marx menjadi tokoh yang penuh kontroversi dan perhatian utama dunia.
Pemikirannya berdasarkan pada pendekatan moral dengan masalah social serta ekonomi. Penelusurannya tentang hubungan antara institusi/ lembaga umum dengan nilai-nilai masyarakat serta gagasannya menyelamatkan dunia menjadi perhatian. Marx tidak hanya dikenal sebagai tokoh ekonomi, namun juga dalam bidang sejarah dan politik.

Sebelumnya ditulis dengan Bahasa Inggris oleh notablebiographies.com

0 Response to "Mengenal Karl Marx"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel