New Deal, Langkah Tepat Roosevelt

Franklin D.Roosevelt berhasil membawa Amerika lepas dari krisis berkepanjangan. Sosoknya menjadi pahlawan bagi Amerika hingga kini

Amerika dalam Krisis
Setelah kejatuhan bursa Wall Street pada 1929, negeri paman Sam terjerembab dalam krisis ekonomi. Tahun 1930-an merupakan saat terburuk dalam perekonomian Amerika dimana kondisi masyarakat yang sengsara dan tutupnya bank-bank. Pengangguran dimana-mana dan warga Amerika merana. 

Teori laissez-faire yang dianut Amerika tahun 1920-an sudah tidak berdaya karena tidak adanya penjualan dan anjloknya daya beli masyrakat. Laissez-faire merupakan teori dimana setiap produk yang dihasilkan akan terserap dalam masyarakat. 


Munculnya New Deal
Hasil gambar untuk new deal roosevelt
Berita Tentang New Deal. Foto:slideplayer.com
Franklin D. Roosevelt selaku presiden Amerika membuat terobosan dalam mengatasi krisis berkepanjangan. Ia berjanji kepada rakyat bahwa dirinya akan mengangkat Amerika dari kemiskinan, pembangunan ekonomi pasca depresi besar-besaran.


Langkah-Langkah New Deal Roosvelt
Hasil gambar untuk new deal roosevelt
Bersama Rakyat. Foto:kids.britannica.com
  • Mendirikan lembaga yang bekerja memberi pakaian dan pangan bagi rakyat
  • Mengontrol produksi pertanian
  • Membantu sektor industri bangkit,
  • Mengatur ketenagakerjaan dan yang paling fenomenal adalah pembangunan Danau Tennessee sebagai pembangkit listrik untuk membuat siklus ekonomi baru bagi masyarakat 
  • Menata administrasi bursa saham dan perbankan yang tepuruk.  


Keberhasilan New Deal
Kebijakan ini boleh dikatakan sukses karena berhasil mengangkat Amerika dari jurang krisis berkepanjangan. Ketika banyak Negara Eroa kalang kabut dan gagal mengatasi krisis akibat Perang Dunia II, Amerika justru menjadi Negara kreditor terbesar di Eropa dan menjadikan negeri tersebut sebagai raksasa perekonomian dunia hingga kini.


Pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris pada laman bbc.co.uk/

0 Response to "New Deal, Langkah Tepat Roosevelt"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel