Loading...

Paman Sam, Tukang Daging yang Menjadi Ikon Amerika Serikat

Uncle Sam kemudian dikenal sebagai lambang dari Amerika Serikat. 
Harian SejarahPaman Sam atau dalam bahasa Inggris disebut Uncle Sam adalah sebuah perumpamaan yang diciptakan oleh Amerika Serikat pada masa perang sipil melawan Inggris yang melibatkan Amerika Serikat sejak tahun 1812. Uncle Sam kemudian dikenal sebagai lambang dari Amerika Serikat. 

Nama istilah ini berasal dari nama seorang penyuplai daging bernama Samuel WIlson yang menyediakan daging-daging kepada para tentara dalam tong-tong bertuliskan "U.S." (singkatan dari United States: Amerika Serikat; namun oleh para tentara dijadikan singkatan dari Uncle Sam: Paman Sam).

Saat itu para tentara mulai memanggilnya Paman Sam. Lama kelamaan nama Paman Sam menjadi sebutan yang terkenal untuk menyebut Amerika Serikat.Tokoh Sam Wilson pertama kali dikenal secara luas saat dipublikasikan dalam sebuah artikel tahun 1830 di Koran New York Gazzete. 

Istilah "Paman Sam" juga dapat dikatakan sebagai sinonim untuk Amerika Serikat, khususnya pemerintah Amerika Serikat. Kalimat seperti "Paman Sam perlu..." sering digunakan oleh para kritikus untuk menciptakan bayangan Amerika Serikat sebagai makhluk hidup yang mempunyai keinginan manusiawi.


Paman Sam biasa digambarkan sebagai seorang pria tua yang tinggi dengan topi besar bermotifkan bendera Amerika Serikat (Star and Stripes: Bintang dan Garis), baju tebal berwarna merah, putih dan biru, serta celana bergaris

Pada 1870-an komikus Thomas Nast mulai menggambar Samuel Wilson dengan gambar yang biasa kita kenal. Pada Perang Dunia I gambarnya menjadi salah satu daya Tarik karena karakternya digunakan untuk pamphlet merekrut tentara.Tahun 1961, Senat Amerika Secara resmi mengakui Sam Wilson sebagai tokoh dalam Uncle Sam.


Sebuah poster yang cukup terkenal diciptakan oleh seorang Seniman bernama James Montgomert Flagg pada tahun 1917. Poster tersebut terkenal pada masa Perang Dunia II yang berisikan informasi ajakan mengenai perekrutan tentara. Poster tersebut digambarkan dengan gambar Paman Sam menunjuk ke arah pengamat poster disertai tulisan "I WANT YOU!" ("Saya perlu kamu!"). Gambar ini telah ditiru dan diparodikan banyak kali sejak saat itu.


Loading...

0 Response to "Paman Sam, Tukang Daging yang Menjadi Ikon Amerika Serikat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel