Sejarah Hitam Bulan, Prestasi Orang Kulit Hitam Amerika Serikat


Sejarah Hitam Bulan atau Bulan Sejarah Afrika Amerika Nasional dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Black History Month, merupakan perayaan tahunan atas prestasi yang dilakukan oleh orang Amerika Serikat berkulit hitam atas pengakuan peran sentral orang Afrika-Amerika dalam sejarah Amerika Serikat. Acara ini berkembang dari "Negro History Week." yang merupakan gagasan dari Carter G. Woodson bersama dengan orang Afrika-Amerika lainnya yang mencatatatkan namanya dalam sejarah Amerika Serikat.

Sejak tahun 1976, setiap Presiden AS menetapkan bahwa bulan Februari sebagai Sejarah Hitam Bulan, selain Amerika Setikat, negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk Kanada dan Inggrsi juga menetapkan satu bulan di setiap tahun untuk merayakan "Sejarah Hitam."

Asal Usul Sejarah Hitam Bulan

Kisah dari Sejarah Hitam Bulan dimulai pada tahun 1915, yang merupakan peristiwa yang terjadi setengah abad setelah Amandemen Ketiga Belas UU Amerika Serikat. Sejarawan Harvand, Carter G. Woodson dan menteri terkemuka AS Jesse E. Moorland menderikan Asosiasi Studi Kehidupan dan Sejarah Negro, Association for the Study of African American Life and History (ASALH). ASALH dikenal sebagai pusat pelatihan dan penelitian yang mendedikasikan untuk penelitian presasi yang dilakukan oleh orang Amerika berkulit hitam dan orang Amerika keturunan Afrika dalam Sejarah AS.

ASALH merupakan pusat pelatihan yang mensponsori Negro History Week pada tahun 1926. Negro History Week dirayakan pada minggu kedua dibulan Februari.

Dalam dekade berikutnya, walikota kota di seluruh AS mulai mengeluarkan penetapan tahunan mengakui Negro History Week. Pada 1960-an, sebagian berkat Gerakan Hak Sipil dan tumbuhnya kesadaran terhadap identitas orang berkulit hitam, Negro History Week telah berkembang menjadi Black History Month pada banyak kampus-kampus. Presiden Gerald R. Ford resmi mengakui Black History Month pada tahun 1976, menyerukan masyarakat untuk "mengambil kesempatan untuk menghormati prestasi orang kulit hitam yang terlalu sering diabaikan orang Amerika kulit putih di setiap bidang usaha sepanjang sejarah kami."

Sejak itu, setiap presiden Amerika telah menetapkan bulan Februari sebagai Black History Month dan disahkan dengan tema tertentu. pada perayaan tahun 2013 bertemakan "Di Pesimpangan Jalan Kebebasan dan Keadilan : Emansipasi, Proklamasi dan Parade" di Wasshington, Menandai 150 tahun dan 50 tahun kedua peristiwa penting dalam sejarah Afrika-Amerika di Amerika Serikat

0 Response to "Sejarah Hitam Bulan, Prestasi Orang Kulit Hitam Amerika Serikat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel