Beberapa Senapan Sniper Terbaik di Dunia


Senapan Sniper sendiri, meskipun masuk dalam kategori Riffle, namun ada umumnya memiliki kelebihan secara khusus. Salah satunya bahwa sniper sendiri memang bukan dirancang sebagai senapan serbu, melainkan senapan yang berfungsi mengedepankan akurasi dan daya lumpuh jarak jauh. Dengan fungsinya itu sendiri, sniper lebih jelas dan mematikan. Peluru yang digunakan juga bukan peluru pada umumnya, biasanya memiliki damage yang lebih besar.

Karena itu pula seorang Sniper hanya memiliki peluru sekitar 10 atau 15 peluru saja dalam satu senapan. Hal ini karena seorang penembak runduk memang memiliki peran sebagai pelumpuh lawan yang efektif dan taktis. Kita mengenal dengan istilah One shoot one kill,  artinya seorang Sniper harus membunuh musuh sesuai dengan jumlah peluru yang dimiliki.

Setelah sebelumnya kita membaca mengenai beberapa Sniper terbaik di Dunia. Tentulah akan lebih mantap jika kita membahas juga senjata yang digunakan. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa senapan runduk atau Sniper Weapon System terbaik di dunia.

1. M24 Sniper Weapons System (U.S.A)


The M24 (SWS) adalah versi  untuk militer dan polisi dari Senapan Remington 700 , M24 menjadi nama model yang diberikan oleh Angkatan Darat AS setelah ditetapkan sebagai senapan sniper standar mereka pada tahun 1988. M24 disebut sebagai "sistem senjata" karena terdiri dari tidak hanya senapan, tetapi juga teleskopik pemandangan yang bisa di lepas dan aksesoris lainnya.


2. Knight’s Armament Company SR-25 (U.S.A)


SR-25  (Stoner Rifle-25) adalah senapan semi-otomatis khusus sniper yang dirancang oleh Eugene Stoner dan diproduksi oleh Perusahaan Persenjataan Knight . SR-25 menggunakan baut berputar dan sistem gas pelampiasan langsung. SR-25 adalah pengembangan  dari Stoner AR-10, yang dibangun kembali menggunakan  kaliber NATO 7.62x51mm dari aslinya.

60% dari bagian SR-25 adalah gabungan antara AR-15 dan M16. SR-25 barel awalnya diproduksi oleh Remington Arms dengan yang 5R (5 alur, bulat) rifling, dengan twist 1: 11.25 (1 putaran penuh di 11,25 inci atau 286 milimeter).


3. L42A1 Enfield (U.K.)



L42A1 adalah senapan sniper tentara inggris yang mulai beroperasi pada tahun 1970. Senapan ini kemudian di gantiankan  oleh Accuracy International L96 pada tahun 1985. Ini model terakhir yang dirancang oleh James Paris Lee untuk  Angkatan Darat Inggris.

Oleh Angkatan Darat Inggris, L42A1 dipakai oleh anggota tentaranya pada saat beberapa konflik perang, yaitu diantaranya Pemberontakan Dhofar di Oman , The Troubles di Irlandia Utara, Perang Falklands dan Perang Teluk.


4. M21 (U.S.A.)


The M21 SWS (SWS) adalah senapan sniper semi-otomatis adaptasi dari senapan M14. Angkatan Darat Amerika Serikat menginginkan senapan sniper yang akurat selama Perang Vietnam. The M14 dipilih karena akurasi, kehandalan, dan kemampuan untuk cepat menindaklanjuti tembakan. Sebuah versi perbaikan dengan bahan fiberglass dibuat khusus M21 pada tahun 1975.

M21 tetap menjadi senapan sniper utama Angkatan Darat sampai tahun 1988, ketika kemudian  digantikan oleh Sistem Senjata Sniper M24; beberapa M21s kemudian diterbitkan kembali dan digunakan dalam Perang Irak.


5. Heckler & Koch PSG1 (Germany)


PSG1  adalah senapan sniper semi-otomatis. PSG1 yang mekanis didasarkan pada senapan G3 dan fitur suara rendah perangkat penutupan baut (mirip dengan maju membantu pada banyak senapan M16). Meskipun tingkat akurasi yang biasa-biasa saja dalam senapan semi-otomatis modern, PSG1 diklaim sebagai  "salah satu yang paling akurat senapan sniper semi-otomatis di dunia."

PSG1s ini tidak disertakan dengan pemandangan besi tetapi dilengkapi dengan Hensoldt lingkup ZF6x42PSG1 dengan reticle diterangi. Ruang lingkup memiliki fitur penyesuaian berbagai built-in yang dapat disesuaikan 100-600 m.


 6. Dragunov SVD (Soviet)


Senapan sniper Dragunov ("Sniper Rifle, Sistem Dragunov, Model of the Year 1963") adalah sniper semi-otomatis  dikembangkan di Soviet .The Dragunov dirancang sebagai senjata pendukungan skuad pasukan. karena alasan itu, pada awalnya di beri nama "Self-Memuat Rifle, Sistem Dragunov, Model of the Year 1963."


7. Accuracy International AS50 (U.K.)


AS50 adalah .50 BMG sniper / anti-perlengkapan senapan yang diproduksi oleh British senjata api produsen Akurasi Internasional. AS50 yang memungkinkan para pengunanya  untuk melakukan target pada jarak yang sangat panjang dengan akurasi tinggi.

Senapan ini mudah di bawa, ergonomis dan ringan, dapat dibongkar dalam waktu kurang dari tiga menit . AS50 ini dirancang untuk Angkatan Bersenjata Inggris dan Amerika Serikat Navy SEAL, senapan digunakan karena tingkat tinggi api (lima putaran dalam 1,6 detik).


8. CheyTac Intervention 408 (U.S.A.) 


The CheyTac Intervention adalah senapan sniper Amerika yang diproduksi oleh CheyTac LLC. CheyTac LLC menyatakan bahwa sistem ini mampu memberikan akurasi sub-MOA pada jarak hingga 2.500 meter ,yang merupakan  salah satu jarak jangkau  terpanjang dari semua senapan sniper modern. Hal ini didasarkan pada EDM Arms Windrunner.


9. Accuracy Interational AWM (U.K.)


L115A3 AWM (Arctic Warfare Magnum) adalah senapan sniper type bolt-action yang diproduksi oleh Accuracy International dirancang untuk magnum senapan chamberings cartridge. Akurasi International AWM juga secara tidak resmi dikenal sebagai awsm (Arctic Warfare super Magnum), yang biasanya menunjukkan senapan AWM bilik di 0,338 Lapua Magnum.


10. Barrett M82 (U.S.A)


M82 yang digunakan Militer AS merupakan senapan semi-otomatis dan dikembangkan oleh Perusahaan Amerika Barrett Firearms. Merupakan senapan sebagai SASR berat (Khusus Aplikasi Scoped Rifle), digunakan oleh banyak unit dan tentara di seluruh dunia.

Senapan ini juga disebut "Cahaya Fifty" oleh perusahaan .50 BMG (12.7x99mm NATO) chambering. Senjata ini dibuat dalam dua varian, M82A1 asli  dan M82A2 bullpup. M82A2 tidak lagi diproduksi, dan digantikan oleh  XM500.

0 Response to "Beberapa Senapan Sniper Terbaik di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel