Kereta Perang Mesir Kuno

Pada zaman Mesir Kuno, telah dikenal kereta yang digunakan untuk kebutuhan militer. Kereta perang sendiri diciptakan di Kanaan yang merupakan vassal dari Kerajaan Mesir Kuno. Kereta perang tersebut masih dalam tahap uji coba saat kampanye militer Raja Thutmose III di Megiddo.

Beberapa pahatan patung Mesir secara akurat menggambarkan penggunaan kereta perang dalam serangkaian peperangan di Mesir Kuno. Pada masa Thutmose III, kereta perang masih menggunakan roda berjari-jari empat yang rapuh, namun begitu efektif dalam pertempuran di Meggido.


Pasukan Mesir menggunakan kereta perangnya sebagai wahana penggempur terdepan guna mengacaukan dan menyerang pasukan lawans saat bertempur di Kanaan.

Pada penggunannya, kusir tidak bertempur, hanya mengemudikan. Sementara dalam penyerangan terdapat prajurit yang dilengkapi persenjataan. Dalam pertempuran jarak dekat, prajurit memiliki tombak untuk dilemparkan, atau bisa bertempur dengan tongkat dan pedang, sedangkan dalam pertempuran jauh biasanya prajurit akan menggunakan busur untuk menembakan anak panah ke arah lawan. Dalam perlindungan, prajurit akan melindungi dirinya dengan perisai yang dimiliki.

Kelemahan dari penggunaan kereta perang ini adalah kerangka yang ringan sehingga rapuh terhadap serangan panah dan tombak. Namun gerakannya yang cepat memberikan perlindungan yang baik karena kendaraan sulit dijadikan bidikan serangan lawan.

Pertempuran Megiddo sendiri terjadi di abad ke-15. Pertempuran ini melibatkan antara pasukan Mesir yang dipimpin Firaun Thutmose III melawan pasukan pemberontak gabungan negara-negara bawahan Kanaan yang dipimpin Raja Kadesh. Para pertempuran ini, busur campur pertama kali digunakan dan penghitungan mayat pertama kali dilakukan. Pertempuran Megiddo berakhir dengan kemenangan Mesir dan gagalnya gerakan separatis di Kanaan.

Sumber: Catatan dari Martin J. Doughertyy dalam Pertempuran Terbesar Sepanjang Sejarah (2010)

0 Response to "Kereta Perang Mesir Kuno"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel