Mengenal Boko Haram, Kelompok Radikal Nigeria


Selama ini mungkin Anda mengetahui sedikit tentang Boko Haram. Berita yang kadang santer terdengar bahwa kelompok tersebut menculik dan membombardir warga Nigeria. Mari kita menelisik bagaimana organisasi hitam ini bisa lahir dan berkembang di Nigeria.

Boko Haram: Sebutan yang Melenceng dari Nama Asli

Secara literal Boko Haram berasal dari bahasa Hausa yaitu “Penolakan terhadap pendidikan barat.” Boko memiliki arti dasar yaitu palsu sedangkan haram berarti terlarang.

Jadi menurut mereka Boko Haram ditransliterasikan sebagai “Haramnya pengaruh kebarat-baratan atau kebudyaan barat adalah sebuah kenistaan.” Organisasi ini menyebar dari Nigeria, Chad dan sebagian Kamerun.

Sebenarnya nama asli organisasi Boko Haram adalah Jama’atu Ahlis Sunna Lidda’awati wal-Jihad, artinya adalah “ Jamaah yang melestarikan cara-cara kehidupan nabi dan jihad.” 

Cukup jauh bukan antara penyebutan warga lokal dan nama asli. Hal ini karena penolakan mereka secara literal dan terang-terangan dalam terror menentang hal-hal berbau barat dan peradabannya.

Menurut sumber-sumber lokal, Boko Haram mulai melancarkan aksinya yang dimotori oleh seorang tokoh radikal yaitu Mohammed Yusuf tahun 2002. Ia mencita-citakan Nigeria yang sepenuhnya berlandaskan hukum Islam tanpa campur tangan Inggris yang dianggap menjauhkan negara tersebut dari nilai-nilai Islam.

Boko Haram memiliki jaringan sekolah Islam yang kebanyakan muridnya adalah siswa miskin di penjuru Nigeria dan sekitar. Sekolah tersebut bukannya mendidik anak-anak menjadi penerus bangsa Nigeria, malahan menjadi ladang perekrutan militan mereka.

Teror Menantang Pemerintah

Pemerintah Nigeria mulai gerah dengan aksi Boko Haram dan pada operasi militer yang menyapu bersih sebagian anggota Boko Haram.

Mohammed Yusuf sebagai pemimpin bereaksi keras dengan mendeklarasikan menentang pemerintah. Akhirnya terjadi baku tembak antara pemerintah dengan Boko Haram yang berlangsung selama lima hari.

Operasi tersebut membuahkan hasil, Yusuf tertangkap dan dibawa ke kantor polisi. Dalam penangkapannya pihak kepolisian merilis bahwa ia mencoba kabur dan polisi mengambil langkah tegas menembak mati sang pemimpin Boko Haram.

Tahun 2010, Boko Haram “bangkit” dengan menyerang dalam penjara sebagai aksi balas dendam atas kematian Yusuf. Aksi ini dimotori wakil pemimpin Boko Haram yaitu Abubakar Shekau yang menggantikan Yusuf sebagai pemimpin Boko Haram.

Serangkaian aksi terror mewarnai Nigeria. Boko Haram diketahui sebagai otak penyerangan bom bunuh diri di markas PBB di ibukota Abuja tahun 2011. Organisasi ini dikenal berafiliasi dengan ISIS setelah kemunculannya di Irak dan Suriah.



0 Response to "Mengenal Boko Haram, Kelompok Radikal Nigeria"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel