Pertempuran Iwo Jima 1945, Jembatan Kehancuran Jepang


Pertempuran Iwo Jima berlangsug pada bulan Februari 1945. Pertempuran ini merupakan bagian dari rencana tiga titik AS dalam memenangkan perang di Asia Pasifik. Pada 1944, AS dan sekutunya sedang dalam posisi menguntungkan di Perang Pasifik. Di barat, Jepang sedang berbalik kembali dari Burma. 

Pertempuran Iwo Jima merupakan kombinasi dari rencana isolasi pasukan Jepang di sektor timur. AS menghancurkan kapal-kapal dagang Jepang yang berusaha memasuki daratan pendudukan Jepang. Hal ini dilakukan agar Jepang kekurangan pasokan makanan dari Asia Tenggara atas daerah yang masih didudukinya. Sementara itu Angkatan Udara AS bersiap melakukan pemboman basis Industri Jepang yang tersisi.

Iwo Jima sendiri merupakan pulau kecil di Pasifik. Panjang pulau tersebut hanya 4,5 mil dan lebar 2,5 mil yang terletak diantara mata rantai Pulau Bonin. Di sebelah selatan pulau tersebut adalah pulau utama Jepang, Honshu.

Invasi Amfibi Amerika Serikat ke Iwo Jima selama Perang Dunia II berasal dari sebuah kebutuhan mendasar dekat pantai Jepang. Pada bulan Februari 1945, dengan serangkaian persiapa yang rumit pesawat pembom Divisi ke-3 Angkatan Laut AS melakukan serangan di sekitar pulau.

Iwo Jima sendiri dipertahankan oleh sekitar 23.000 tentara dan Angkatan Laut Jepang. Tentara Jepang mempertahankan pulau tersebut dengan bertempur dari pari-parit, gua, terowongan dan instalasi bawah tanah. Perlawanan tentara Jepang ini menyulitkan Sekutu untuk menguasai pulau tersebut dengan cepat.


Dibutuhkan waktu satu bulan pertempuran bagi Sekutu untuk menguasai pulau tersebut. Setidaknya Sekutu harus menggempur Iwo Jima dengan 800 ton bom dalam serangkaian selama satu bulan tersebut. Pengibaran bendera AS di atas Gunung Suribachi  menandai kemenangan Sekutu di Iwo Jima. Akibat pertempuran ini setidaknya 5.900 tentara AS tewas dan 17.400 diantaranya terluka.

Pengibaran bendera AS tersebut diabadikan oleh Fotografer, Joe Rosenthal. Serentak foto tersebut diabadikan dan terpublikasi luas ke seluruh dunia dan menjadi kebanggan AS dalam pertempuran akhir Perang Dunia II hingga saat ini.



0 Response to "Pertempuran Iwo Jima 1945, Jembatan Kehancuran Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel