Siapa Pemain Utama Dalam Perang Dunia II?


Perang Dunia II merupakan konflik yang melibatkan negara-negara dihampir seluruh belahan dunia. Konflik ini terutama begitu ketat terjadi oleh negara-negara yang tergabung dalam Blok Sekutu, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Rusia dan kekuatan Axis yang terdiri dari tiga kekuatan besar Jerman, Italia di Afrika dan Eropa, serta Jepang di Pasifik.

Daftar lengkap dari kekuatan Sekutu termasuk Polandia, Cina, Kanada, Australia, Selandia Baru, Yugoslavia, Yunani, Belanda, Belgia, Afrika Selatan, Norwegia, Cekoslowakia, Ethiopia, Brasil, Denmark, Luksemburg, Kuba dan Meksiko. Selain itu, kedua belah pihak memiliki negara klien dan koloni yang terlibat dalam perjuangan global.  

Negara-negara lain yang bergabung dengan Axis tetapi tidak teralu melibatkan banyak tentara untuk pertempuran atau hanya terlalu kecil untuk membuat efek pada gelombang perang. Beberapa negara-negara ini termasuk Hungaria, Rumania dan Thailand.

Negara-negara tersebut, seperti Jepang lebih aktif dalam kawasan tersendiri dibandingkan Jerman dan Italia yang bertempur dipelbagai front seperti Eropa Barat, Eropa Timur, dan Afrika Utara dan Selatan. Jepang sendiri, sepenuhnya absen dalam pertempuran di Eropa dan Afrika. Jepang berfokus mendominasi pengaruhnya di Asia Tenggara dan berusaha menghancurkan Amerika Serikat, Australia, dan Selandia baru dalam pertempuran di Asia Pasifik. China sendiri sebagian besar menggunakan kekuatannya untuk mempertahankan diri dari agresi Jepang. 


Perancis berada pada posisi yang sulit. Perancis terjebak ditengah konflik dengan pemerintahannya yang diduduki oleh Jerman dan rezim Vichy didirikan untuk mendukung Axis mempertahankan pengaruhnyadi Eropa Barat.

Keterlibatan Amerika dalam Perang Dunia II pada bulan November 1939, ketika Kongres, atas perintah Presiden Franklin Roosevelt, mencabut embargo senjata sebagai pencegahan dari menjual senjata ke negara-negara asing. Pada bulan Juni 1940, Amerika Serikat mulai memberikan upaya besar untuk membangun kekuatan militer, dan mulai praktek Lend-Lease untuk membantu Britania Raya, yang berdiri sendiri pada waktu itu. 

Amerika Serikat berkomitmen penuh segera setelah pemboman Pearl Harbor oleh Jepang pada 7 Desember 1941. Hasil akhir Perang Dunia II termasuk pengembangan teknologi nuklir, berdirinya PBB, berakhirnya Depresi Besar, dan kemajuan dalam perjuangan untuk hak-hak sipil untuk orang Amerika dan perempuan di Afrika.

Axis mengklaim tujuan mereka adalah untuk memecah pengaruh Barat dan untuk mempertahankan dunia dari Komunisme dan Liberalisme. Pada awal perang, Axis mengambil bagian pembalasan atas perilaku buruk Eropa untuk rezim fasis dan isolasi Amerika, keadaan tersebut tak bertahan lama, meninggalkan Sekutu pemenang perang. Perang ini juga bisa dikatakan sebagai pertemanan sementara komunisme dan liberalisme untuk menghancurkan fasisme.

0 Response to "Siapa Pemain Utama Dalam Perang Dunia II?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel