10 Fakta Seputar FBI

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Biro Investigasi Federal (bahasa Inggris: Federal Bureau of Investigation (FBI)) adalah badan investigasi utama dari Departemen Keadilan Amerika Serikat (Departement of Justice (DOJ)). FBI awalnya didirikan pada bulan Juli 1908 dengan staf hanya 34 orang, Biro Investigasi Federal telah berkembang untuk mencakup lebih dari 450 kantor lapangan dan agensi di Amerika Serikat, serta 75 kantor dan kantor cabang di seluruh dunia.

FBI memiliki yurisdiksi investigasi atas pelanggaran lebih dari 200 kategori kejahatan federal dan oleh karena itu memiliki otoritas investigasi yang terluas dari badan penegak hukum lainnya di Amerika Serikat. FBI bukan institusi Kepolisian Nasional seperti dimiliki banyak negara, misalnya Indonesia, Perancis, dan Inggris. Saat ini, FBI dipimpin oleh Robert S. Mueller III, yang menjabat sejak 2001.

Berikut ini 10 Faktar FIB:

1. Berkat J. Edgar Hoover, direksi FBI sekarang terbatas.

Hoover melakukan pekerjaan pertamanya di Departemen Kehakiman pada tahun 1917 pada tahun 1924 telah menjadi kepala pelopor FBI, Bureau of Investigation. Ketika Hoover meninggal pada usia 77, dia telah menghabiskan 48 tahun, 62 persen hidupnya sebagai pimpinan  yang hebat. Direktur FBI sekarang terbatas pada masa jabatan hingga 10 tahun.

2. Orang hanya dikeluarkan dari daftar "Most Wanted" jika mereka ditangkap, mati, atau jika tuntutan terhadap mereka dibatalkan.

Kampanye publisitas FBI "10 Most Wanted Fugitives" terjadi pada tahun 1950 ketika seorang reporter meminta agen tersebut untuk menyebutkan nama dan deskripsi "orang-orang yang paling sulit" dalam inventarisasi targetnya. Artikel yang dihasilkan mengumpulkan begitu banyak perhatian sehingga Hoover memutuskan untuk mulai mengeluarkan daftar resmi. Sejak dimulainya program, 465 dari 494 penjahat yang masuk 10 besar telah ditangkap.

3. Biro Investigasi Federal tidak selalu dikenal dengan nama FBI.

Ketika Jaksa Agung Charles Bonaparte pertama kali merekrut mantan detektif dan anggota "Dinas Rahasia" untuk korps penyelidik federal baru pada tahun 1908, dia menyebutnya sebagai "agen agen khusus." Pengganti Bonaparte, George Wickersham, menyebutnya Bureau of Investigation (BOI) tahun berikutnya. Pada musim semi tahun 1933, BOI dimasukkan ke dalam Division of Investigation (DOI) yang baru dibentuk, yang juga termasuk unit yang menerapkan Larangan; Setelah alkohol menjadi legal lagi pada bulan Desember, BOI menjadi DOI secara mutlak. Biro itu diberi nama saat ini pada tahun 1935.

4. Tidak ada wanita yang diizinkan menjadi agen FIB sampai 1970an

Pada 1920-an, tidak ada yang dipekerjakan sebagai agen intelijen selama masa jabatan J. Edgar Hoover, yang dilaporkan meminta semua pegawai wanita untuk mengenakan rok atau gaun dan melarang mereka merokok di mejanya (sebuah "kesenangan" yang dinikmati pria pada saat itu). Tak lama setelah kematian Hoover di tahun 1972, Akademi FBI mengakui dua agen perempuan dalam pelatihan: Susan Lynn Roley, seorang letnan Korps Marinir, dan Joanne Pierce, seorang mantan biarawati.

5. FBI pernah menghabiskan dua tahun untuk menyelidiki sebuah lagu.

Selama tahun 1960an, para analis di laboratorium mutakhir FBI menghabiskan lebih dari dua tahun untuk menyelidiki lirik lagu pop hit Joshmen "Louie Louie." Seiring rumor beredar bahwa lirik yang dalam lagu itu berisi bahasa yang porno.

6. FIB memiliki Biro Khusus yang menangani kasus pencurian barang seni

Setelah bertahun-tahun menyelidiki perampokan karya seni, pada tahun 2004 FBI menciptakan tim yang bertugas memecahkan jenis kejahatan tertentu. Anggotanya, kemudian belajar keterampilan seperti bagaimana mengidentifikasi asli atau palsunya sebuah karya seni. Biro ini telah menemukan lebih dari 2.600 barang curian senilai hampir $ 150 juta, dari artefak pra Columbus hingga lukisan oleh Rembrandt, Picasso dan Matisse.

7. FBI memiliki julukan tersendiri.

Tidak mengherankan, FBI secara historis menggunakan jargon, akronim dan singkatannya sendiri, beberapa di antaranya telah bocor ke publik. Misalnya, "agen bata" adalah penyelidik yang bekerja di jalanan, sebuah "UNSUB" adalah subjek yang tidak diketahui, "Bucars" adalah kendaraan yang digunakan oleh agensi dan "Biro Betty" merujuk pada seorang karyawan pendukung perempuan yang telah bekerja di FBI Untuk seluruh karirnya.

Sementara itu, kritikus memiliki julukan sendiri untuk FBI; Pejabat penegakan hukum lainnya mengganti akronim FIBdengan "Famous But Incompetent" (Terkenal namun tidak berkompeten).

8.FBI pernah menyelidiki ESP.

Pada akhir 1950-an, FBI melihat apakah extrasensory perception (ESP) dapat digunakan sebagai alat spionase, menurut berkas yang dideklasifikasi oleh agensi pada bulan April 2011. Seorang agen menulis dalam sebuah memo, "Tidak ada batasan untuk nilai yang mana bisa terhutang kepada FBI, akses yang lengkap dan tidak terdeteksi ke email, akses visual untuk bangunan. Kemungkinannya tak terbatas.”Pada tahun 1960 biro menyerah setelah menemukan tidak ada dukungan ilmiah untuk potensinya.

9. Laboratorium FBI

Sebenarnya, pada tahun 1932 itu adalah operasi satu orang yang bertempat di satu ruangan yang dua kali lipat sebagai ruang merokok. teknisi tunggal yang, Agen Khusus Charles Appel, menggunakan mikroskop dipinjam, kit penyadapan dan bahan kimia dasar untuk menganalisis tulisan tangan dan memeriksa bukti-bukti TKP. Dalam beberapa tahun para ahli tambahan bergabung dengan tim tersebut dan FBI membangun fasilitas canggih untuk mereka. Laboratorium FBI saat ini mempekerjakan 500 ilmuwan dan menyediakan layanan forensik untuk negara, badan-badan lokal dan federal.

10. Menjadi seorang agen FBI tak boleh punya rahasia

Menjadi seorang agen FBI sama sulitnya dengan menjadi prajurit tentara. Seleksi ketat dan latihan keras harus mereka hadapi sebelum terjun ke lapangan. Salah satu seleksi masuk adalah menelusuri latar belakang calon agen. Tim khusus akan menyelidiki setiap pendaftar. Apabila diketahui pernah melakukan kejahatan, pendaftar bisa di blacklist.

Semua agen adalah adalah ahli dalam interogasi dan investigasi. Jadi, jika ada yang menyimpan rahasia, tidak perlu lama akan terbongkar. Di situlah keunggulan seorang agen FBI.

0 Response to "10 Fakta Seputar FBI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel