Baldwin IV dari Yerusalem

[Image Source]

Harian SejarahBaldwin IV biasa disebut Leper dilahirkan tahun 1161 M yang merupakan Raja Yerusalem ke-6. Baldwin memerintah sejak 1174 sampai dengan kematiannya pada tahun 1185. Baldwin merupakan putra dari Amalric I dari Yerusalem dan istri pertamanya, Agnes dari Courtenay. Dia meninggal ditengah gejolak perang salib dan ancaman invasi Salahuddin Ayyubi atau Saladin. Dia merupakan raja Yerusalem yang menderita kusta sejak usia muda. Baldwin IV terkenal dengan topeng besi yang menutup wajahnya.


Setelah Baldwin dilahirkan, tak lama kemudian takhta Yerusallem kosong. Dia harus menggantikan sang raja. Baldwin sendiri pada masa itu masih berpihak kepada Muslim. Dia berpihak kerana tak berdaya melawan ancaman invasi.

Ayah Baldwin meninggal pada tahun 1174 dan Baldwin dinobatkan pada usia 13 telah menjadi Pemimpin Yerusalem. Raja Baldwin IV menderita penyakit kusta sejak masih kecil. Baldwin mempertahankan Yerusalem dari serangan Sallahuddin al-Ayyubi yang memimpin Mesir dan Suriah.

Baldwin IV dididik oleh sejarawan William dari Tirus yang kemudian menjadi Uskup Agung Tirus dan Kanselir kerajaan. Wililiam dari Tirus merupakan orang pertama yang menyadari Baldwin mengidap kusta.

Ketika Baldwin dan teman-temannya sedang bermain satu hari dan mencoba untuk melukai satu sama lain dengan mengemudi kuku mereka ke pelukan masing-masing, tetapi Baldwin tidak merasakan sakit. William mengetahui sebagai tanda penyakit serius, tetapi itu tidak mengira itu sebagai kusta sampai beberapa tahun kemudian.

Bermigrasinya wangsa Turki Seljuk ke semenanjung Anatolia, Rum, memicu Perang Salib. Pemerintah Konstantinopel melaporkan hal itu ke Paus Gregory, dan direspon sebagai perang oleh Paus Urban II, juga disetujui oleh Paus Adrianus IV.

Meskipun menderita karena kustanya, Baldwin IV. adalah seorang pemimpin militer yang baik dan memenangkan banyak pertempuran. [Image Source]

Pada 1174, di usia muda 16, Baldwin berhasil menyerang Damaskus untuk memukul mundur pasukan Muslim pimpinan Sultan Saladin menjauh dari Aleppo. Pada 1176 ia memimpin pasukan dalam serangan serupa di Damaskus dan Andujar untuk mengusir serangan Muslim. Baldwin juga berencana menyerang kekuatan Saladin di Mesir.

Ketika Saladin bergerak ke Kota Ascalon pada 1177, Raja Baldwin muda maju menghampiri Sallahuddin dengan pengawalan ratusan Ksatria Templar. Baldwin mengaku, dirinya sangat ingin berperang melawan pasukan Sallahuddin usai perjanjian gencatan senjata itu berakhir.

[Image Source]

Namun Baldwin IV terlalu lemah karena penyakit kustanya. Baldwin tidak sanggup menunggang kuda dalam waktu yang cukup lama.

Dan dalam beberapa tahun, kondisi Baldwin pun kian melemah. Hal ini membuat ia tak mempunyai kekuatan lagi untuk berperang ketika usianya menjelang 20 tahun. Baldwin sendiri adalah Raja Yerusalem yang memerintah dengan terbuka dan bijaksana. Ia tetap mengijinkan orang-orang muslim untuk berjiarah, berjiarah, dan beribadah di Yerusalem. Ia merupakan raja yang membuat perjanjian dengan Saladin.

Wafat dan Keberlanjutan Yerusalem

Baldwin IV wafat pada 1185 di usianya yang ke-23 tahun. Baldwin IV digantikan oleh keponakannya yaitu Baldwin V yang masih berusia delapan tahun. Namun Baldwin V hanya memerintah selama satu tahun karena pada 1186 bocah itu meninggal dunia karena dibunuh oleh ibunya.
Hal itu dilakukan karena Baldwin V juga menderita seperti pamannya dan ibunya tak sanggup melihat sampai anak itu mengenakan topeng besi seperti kakaknya. Tahta Yerussalem kemudian dipegang oleh ibunya Sibylla. Sibylla kemudian menunjuk suaminya, Guy dari Lusignan menjadi Raja Yerusalem.

Satu tahun kemudian, Saladin berhasil memenangkan Pertempuran Hattin, dan mengambil alih kekuasaan Kerajaan Yerusalem setelah provokasi dilakukan oleh kalangan ksatria templar yang dipimpin Guy dari Lusignan. Provokasi tersebut dilakukan dengan melakukan penyerangan terhadap kelompok muslim di Yerusalem, hal tersebut membatalkan perjanjian gencatan senjata.

Guy dari Lusignan kemudian berusaha menyerang basis pertahanan Saladin sebelum Saladin memulai menyerang Yerusalem terlebih dahulu. Namun usaha tersebut gagal karena pasukannya kelelahan dalam perjalanan. Rencana ini sebenarnya sudah disusun oleh Saladin. Ia dan pasukannya menunggu Baldwin V meninggal dan menanti provokasi di kalangan kristen untuk memulai peperangan terlebih dahulu.

Topeng Baldwin IV


Baldwin IV mengenakan topengnya dalam Film "Kingdom of Heaven" [Image Source]

Baldwin membuat topeng yang terbuat dari logam besi baja. Memiliki ukiran halus dipermukaannya. Topeng ini dibuat untuk berperang. Topeng ini membuat kesan misterius dan magis. Namun hal yang umum adalah bahwa topeng ini dipergunakan untuk menutupi wajahnya yang kian rusak seiring parahnya penyakit kusta yang dialaminya.

Baldwin IV dalam film "Kingdom of Heaven"
(Ebook Materi Lengkap UTBK SBMPTN Soshum klik disini)
(Ebook Materi Lengkap UTBK SBMPTN Saintek klik disini)

0 Response to "Baldwin IV dari Yerusalem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel