Pada Hari ini, Adolf Hitler Melakukan Bunuh Diri


Pada hari ini di tahun 1945, bersembunyi di sebuah bunker di bawah markas besarnya di Berlin, Adolf Hitler melakukan bunuh diri dengan menelan kapsul sianida dan menembak kepalanya sendiri. Segera setelah itu, Jerman menyerah tanpa syarat kepada pasukan Sekutu, mengakhiri mimpi Hitler tentang "1.000 tahun" Reich.

Sejak tahun 1943, semakin jelas bahwa Jerman akan berada di bawah tekanan pasukan Sekutu. Pada bulan Februari tahun itu, Angkatan Darat ke-6 Jerman, telah terpuruk di Uni Soviet, dimusnahkan pada Pertempuran Stalingrad, dan harapan Jerman untuk serangan terus-menerus di front barat dan timur berakhir kekalahan besar. Kemudian, pada bulan Juni 1944, tentara Sekutu Barat mendarat di Normandia, Perancis. Dan mulai secara sistematis untuk mendorong pasukan Jerman untuk mundur ke Berlin.

Pada bulan Juli 1944, beberapa komandan militer Jerman mengakui kekalahan mereka yang akan segera terjadi dan merencanakan untuk mengkudeta Hitler dari kekuasaan sehingga dapat menegosiasikan perdamaian yang lebih baik. Upaya mereka untuk membunuh Hitler gagal, namun, dan dalam pembalasannya, Hitler mengeksekusi lebih dari 4.000 orang yang diduga terlibat kudeta.
Foto-foto kondisi persembunyian Hitler dengan perabotan bernoda darah dan puing-puing di dalam persembunyian tempat Adolf dan Eva Braun setelah jatuhnya Berlin. Foto: Pinterest
Pada bulan Januari 1945, menghadapi pengepungan Berlin oleh Soviet, Hitler mengungsikan diri ke bungkernya untuk menjalani hari-hari terakhirnya. Terletak 55 kaki di bawah kanselir, tempat penampungan itu berisi 18 ruangan dengan persediaan air dan listriknya sendiri. Meskipun dia semakin marah, Hitler terus memberi perintah dan bertemu dengan tangan kananya seperti: Hermann Goering, Heinrich Himmler dan Josef Goebbels. Hitler juga menikahi Eva Braun dua hari sebelum bunuh diri.

Dalam wasiat terakhirnya, Hitler menunjuk Admiral Karl Donitz sebagai kepala negara dan Goebbels sebagai kanselir. Dia kemudian pensiun ke tempat peristirahatan pribadinya bersama Braun, di mana dia dan Braun meracuni diri mereka sendiri dan anjing mereka, sebelum Hitler kemudian menembak dirinya sendiri dengan pistol.
Tempat Hitler dan Eva Braun di kremasi. Foto: Wikimapia
Mayat Hitler dan Eva Braun dikremasi dengan cepat di taman kanselir, saat pasukan Soviet berada di luar gedung kanselir. Ketika pasukan Soviet mencapai kanselir, mereka memindahkan abu Hitler, untuk mencegah pemuja Hitler membuat sebuah peringatan di tempat peristirahatan terakhirnya.

Delapan hari kemudian, pada tanggal 8 Mei 1945, pasukan Jerman menyerah tanpa syarat. Jerman kemudian akan dikuasai oleh empat kekuatan Sekutu.

0 Response to "Pada Hari ini, Adolf Hitler Melakukan Bunuh Diri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel