Perbedaan Astronot, Kosmonot, Taikonot, Spationot, dan Vyomanot


Mungkin beberapa dari kita yang sering membaca literatur atau majalah yang membahas mengenai astronomi telah mengetahui perbedaan dari judul artikel ini. Akan tetapi untuk masyarakat umum, pelajar, atau mahasiswa yang awam mengenai astronomi akan awam juga dengan nama-nama tersebut.

Kita sendiri di Indonesia mengenal istilah Penjelajah Antariksa yang familiar sebagai astronot atau astronaut, sehingga terkadang kita mengatakan semua Penjelajah Antariksa dengan sebutan astronot? Benarkah demikian?

Apakah kau tau? sebenarnya kata astronout itu merujuk secara khusus kepada Penjelajah Antariksa yang merupakan orang Amerika Serikat atau orang-orang yang memiliki sertifikasi atau terlibat dalam proyek ruang angkasa milik lembaga antariksa AS, yang sudah umum kita kenal, yaitu National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Istilah Astronot atau Astronaut sendiri berasal dari kata Astron (bintang) dan Nautis (penjelajah). Astronot merujuk pada seseorang yang dilatih dan mendapat sertifikasi dari NASA yang dikirim keluar angkasa. Dengan demikian secara paten, sebutan Astronot hanya boleh dipakai oleh NASA (Amerika).

Akan tetapi dapat kita ketahui, bahwa ada juga badan antariksa dari negara lain yang bekerja sama atau kru-nya dilatih oleh NASA berhak memakai nama 'astronot'. Seperti JAXA (badan antariksa Jepang), ESA (badan antariksa Eropa), dan CSA (badan antariksa Kanada)

Sampul Majalah Time 21 Juli 1975 Menggambarkan Persaingan AS dan Uni Soviet dalam Perlombaan Antariksa. Foto: Pinterest/Janie.D

Lalu bagaimana dengan Kosmonot? Kosmonot atau Cosmonaut merupakan penjelajah ruang angkasa yang merujuk pada orang-orang Rusia atau Uni Soviet. Perbedaan nama dalam penjelajahan antariksa di dunia diawali oleh kedua negara ini yaitu Uni Soviet dan Amerika Serikat. Awal terjadinya perbedaan nama ini berkaitan dengan Perang Dingin yang berlangsung bukan hanya pada persoalan politik, ekonomi, dan militer. Akan tetapi termasuk persaingan teknologi dan perlombaan menuju ruang angkasa yang awalnya dilakukan oleh Soviet dan AS.

Istilah Kosmonot atau Cosmonaut (космонавт), berasal dari kata Kosmos dalam bahasa Yunani (semesta) dan Nautes (penjelajah) adalah orang yang dilatih oleh Badan Antariksa Rusia dan telah tersertifikasi untuk menjelajahi angkasa. Nama 'kosmonot' resmi digunakan untuk space traveller yang dilatih oleh ROSCOSMOS, GCTC atau badan antariksa lain yang ada di di Rusia.

Pelopor Penjelajahan Ruang Angkasa

Liu Yang, Taikonot Wanita Pertama. FOTO/Britanica

Dalam usaha pembangunan teknologi antariksa dan percobaan menuju ruang angkasa, setidaknya terdapat tiga negara yang mempelopori dan berhasil menerbangkan pesawat ruang angkasa dengan awaknya ke ruang angkasa. Ketiga negara tersebut adalah Amerika Serikat, Rusia (dahulu Uni Soviet), dan Republik Rakyat Cina (RRC).

Penjelajah Antariksa Cina sendiri biasa disebut sebagai Taikonot atau Taikonaut. Taikonaut atau "tài kōng rén,"  berasal dari bahasa China tàikōng (kekosongan) adalah sebutan profesional untuk orang yang dilatih untuk menjelajah angkasa oleh Badan Antariksa China (CNSA). Di Hongkong disebut sebagai "tài kōng rén" yang berarti 'spaceman' dalam bahasa inggris. Di negara China daratan sendiri secara resmi disebut sebagai "háng tiān yuán" (space navigating personnel).

Pengaruh Terhadap Negara Lain

Penjelajahan Antariksa yang dipelopori oleh AS, Rusia, dan Cina membawa dampak terhadap kemajuan teknologi ruang angkasa dan perkembangan satelit komunikasi pada umumnya. Dalam perkembangannya ketiga negara tersebut melakukan penelitian lebih dari penerbangan keluar atmosfer bumi. Penjelajahan kemudian diperlombakan oleh Uni Soviet dan AS yang pada waktu itu bersaing untuk mencapai Bulan.

Uni Soviet sendiri mencatatkan rekor dunia sebagai negara yang pertama kali berhasil menuju ruang angkasa dengan awak manusia. Dan mencatatkan Yuri Gagarin sebagai orang pertama yang mencapai ruang angkasa. Amerika sendiri berhasil menanggalkan rekor dengan berhasil mengirim manusia pertama ke Bulan yaitu Neil Amstrong.

Negara-negara di dunia pada awalnya berhasil mengirimkan awaknya ke ruang angkasa dengan pesawat AS, Rusia, dan Cina. Namun dalam beberapa dekade beberapa negara berhasil mengirimkan awak mereka dengan pesawat antariksa mereka sendiri. Salah satunya adalah Perancis dan India.

Penjelajah antariksa Perancis disebut sebagai Spationot atau Spanionaut (dalam spationaute bahasa Perancis), yang berasal dari bahasa Latin, Spatium (ruang) dan nautis (penjelajah).

Sedangkan penjelajah India dikenal sebagai Vyomanot atau Vyomanaut, berasal dari bahasa sansekerta Vyoma yang berarti langit adalah orang yang dilatih dan mendapat sertifikat untuk menjadi space traveller oleh Indian Space Research Organisation (ISRO).

Muszaphar Shukor. FOTO/ Pinterest

Negara tetangga kita, Malaysia juga pernah mengirim awaknya ke ruang angkasa. Penjelajah Antariksa Malaysia biasa disebut Angkasawan. Akan tetapi Malaysia sendiri tidak mengirim awaknya dengan pesawatnya sendiri, melainkan dengan pesawat antariksa Rusia. Sheikh Muszaphar Shukor adalah orang Malaysia pertama yang mencapai ruang angkasa dengan pesawat Soyuz TMA-11 pada tahun 2007.

Pengiriman astronot Malaysia ke luar angkasa merupakan bagian dari paket pembelian 18 pesawat tempur Sukhoi milik Rusia oleh Malaysia pada tahun 2003. Malaysia mengadakan pemilihan astronot dari 11.000 calon yang mendaftarkan diri.

Calon yang terpilih menjalani latihan terakhir di Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan. Muszaphar dan tiga calon akhir yang lain dipilih pada awal tahun 2006. Setelah selesai menjalani latihan di Star City, Rusia, Sheikh Muszaphar dipilih sebagai calon utama astronot pertama Malaysia, sementara Faiz Khaleed dijadikan calon cadangan.

Manusia-Manusia Awal yang Menembus Orbit Bumi

Foto: inyourpocket.com

Yuri Gagarin adalah manusia pertama yang berhasil mencapai orbit sekitar Bumi pada 12 April 1961 dengan Pesawat Vostok 1.


Foto: Nasa.gov

Alan Shepard adalah orang Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke ruang angkasa pada 5 Mei 1961 menggunakan Pesawat Freedom 7.

Foto: Britannica

Valentina Tereshkova merupakan wanita pertama di ruang angkasa dengan menggunakan Vostok 6 pada tahun 1963.

Foto: Britannica

Neil Amstrong merupakan manusia pertama yang mendarat di bulan menggunakan Apollo 11 pada tahun 1969.

10-Women-Who-Changed-the-Course-of-Space-Exploration-photo6
Foto: hmamiverse.com 

Sally Ride merupakan wanita pertama di Amerika Serikat yang berada di angkasa pada 18 Juni 1983 menggunakan pesawat Space Shuttle Challenger

Foto: tampabay.com

Norman Thagard orang Amerika Serikat pertama yang menjadi seorang "kosmonot" ketika ia terbang dengan Soyuz TM-21 dalam misi Mir-18 Rusia pada 14 Maret 1995.

Foto: spaceanswers.com

Vladimir Mikhailovich Komarov seorang antariksawan berkebangsaan Uni Soviet. Ia adalah orang pertama yang tewas dalam wahana antariksa, yakni Soyuz 1

***

Hari ini di Amerika Serikat dan Rusia kata-kata astronot dan kosmonot, masing-masing, adalah istilah umum untuk orang yang bepergian ke luar angkasa sebagai profesi seseorang.

Ketika profesi seseorang tidak sebagai astronot atau kosmonot sebagai maka orang tersebut, menurut NASA dan Aviation Rusia dan Antariksa Nasional sekarang disebut Badan Antariksa Federal Rusia (Roskosmos), disebut partisipan luar angkasa.

Mereka yang disebut partisipan luar angkasa mungkin wartawan, politisi, ilmuwan, atau wisatawan. Penjelajahan Antariksa juga mengalami komersialisasi oleh swasta sejak tahun 2005 menciptakan. Hal ini membuat orang sipil juga memiliki hak melihat keadaan bumi dari orbit bumi, tentunya mereka yang mendapatkan pengalaman tersebut memiliki uang yang cukup atau didanai oleh lembaga swasta atau pemerintah

Lebih dari 450 orang dari 37 negara telah melakukan perjalanan ke ruang angkasa. Hanya 24 orang telah meninggalkan orbit Bumi. orang-orang ini sebagai astronot Apollo 8, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, dan 17 lainnya melakukan perjalanan bolak-balik antara Bumi dan Bulan antara Desember 1968 dan Desember 1972. Dari 24 astronot tersebut, 12 dari mereka berjalan di Bulan.

0 Response to "Perbedaan Astronot, Kosmonot, Taikonot, Spationot, dan Vyomanot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel