Perjanjian Paris tahun 1783

Komisi lima yang terdiri dari John Adams, Benjamin Franklin, John Jay, Thomas Jefferson, dan Henry Laurens sebagai negosiator dalam Perjanjian Paris tahun 1783. Foto: Pinterest
Perjanjian Paris atau Traktat Paris, yang ditandatangani pada tanggal 3 September 1783, mengakhiri Perang Revolusi Amerika Serikat antara Britania Raya melawan Amerika Serikat dan sekutunya. Sekutu Amerika lainnya, yaitu Perancis, Spanyol, dan Republik Belanda, membuat perjanjian perdamaian yang terpisah dengan Britania. Pada Perjanjian Paris, terdapat pasal teritorial yang dianggap sangat menguntungkan Amerika Serikat karena memperbesar wilayahnya.

Perjanjian Paris tahun 1783, yang dinegosiasikan antara Amerika Serikat dan Inggris Raya, mengakhiri perang revolusioner dan mengakui kemerdekaan Amerika. Kongres Kontinental menamai sebuah komisi beranggotakan lima orang untuk menegosiasikan sebuah perjanjian. Kelima orang tersebut adalah: John Adams, Benjamin Franklin, John Jay, Thomas Jefferson, dan Henry Laurens.

Laurens, tidak dapat bernegoisasi karena sebelumnya ditangkap oleh sebuah kapal perang Inggris dan ditahan di Menara London sampai akhir perang, dan Jefferson tidak meninggalkan Amerika Serikat pada waktunya untuk mengambil bagian dalam perundingan. Dengan demikian, negoisasi dilakukan hanya oleh John Adams, Benjamin Franklin, dan John Jay.
Pasukan Inggris dibawah pimpinan Lord Cornwallis menyerah kepada pasukan koalisi AS-Perancis yang dipimpin oleh John Trumbull. Lukisan ini menggambarkan tentara Inggris menyerah kepada pasukan Prancis (kiri) dan Amerika (kanan) pada tahun 1820. Foto: aoc.gob
Perundingan dimulai pada bulan April 1782, setelah kemenangan Amerika-Perancis di Yorktown menyebabkan penggulingan pemerintahan Lord North's Tory dan penamaan Whig, Lord Rockingham, kemudian ditunjuk sebagai perdana menteri dan Lord Shelburne sebagai menteri luar negeri.

Menteri luar negeri Perancis, Comte de Vergennes, mengharapkan Amerika untuk mengkoordinasikan strategi diplomatik mereka dengan Perancis, namun Amerika tidak mempercayai keterikatan Perancis terhadap tujuan mereka dan mengejar jalan yang independen. Di antara prestasi penting tim adalah pengakuan Inggris terhadap kemerdekaan Amerika (satu poin yang paling ditekan oleh Jay); Pengamanan (oleh Adams dan Jay) hak akses nelayan Amerika ke Grand Banks di lepas pantai Newfoundland dan perikanan tradisional lainnya di perairan Kanada; Dan Inggris menuju ke Amerika Serikat di seluruh wilayah antara Pegunungan Allegheny di timur dan Sungai Mississippi di sebelah barat, sehingga menggandakan ukuran negara baru ini.

Untuk bagiannya, Amerika Serikat setuju untuk menggunakan kekuasaannya untuk mengakhiri penganiayaan terhadap Loyalis oleh pemerintah negara bagian dan lokal, serta mengembalikan harta mereka yang disita selama perang. Kedua negara sepakat untuk tidak menghalangi kreditur agar tidak mengembalikan hutang kepada mereka.

Artikel pendahuluan perdamaian ditandatangani oleh Adams, Franklin, Jay, dan Henry Laurens untuk Amerika Serikat dan Richard Oswald untuk Inggris Raya pada tanggal 30 November 1782. Perjanjian terakhir ditandatangani pada tanggal 3 September 1783, dan diratifikasi oleh Kongres Kontinental Awal tahun 1784.

0 Response to "Perjanjian Paris tahun 1783"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel