Pertempuran Marathon 490 SM

Ilustrasi panasnya Pertempuran Marathon. Foto: Pinterest

Pertempuran Marathon dilancarkan di Dataran Maraton di timur laut Attica pada 490 SM. Menandai pukulan pertama Perang Yunani-Persia. Dengan orang-orang Persia yang mendekati ibukota Yunani, majelis Jenderal Athena Miltiades mengambil alih komando tentara yang diformasikan dengan sangat cepat. Miltiades menggunakan strategi yang sukses di mana ia melemahkan pusat kekuatannya untuk memperkuat sayapnya, menyebabkan kebingungan di kalangan orang Persia.

Kemenangan "orang-orang Marathon" menangkap imajinasi kolektif orang-orang Yunani, dengan kisah utusan yang berjalan sejauh 25 mil ke Athena untuk menyampaikan berita kemenangan Yunani. Hal tersebut mendorong terciptanya lari maraton modern.

Orang-orang Yunani tidak dapat berharap untuk menghadapi kontingen kavaleri Persia di dataran terbuka, tapi sebelum fajar, orang-orang Yunani mengetahui bahwa kavaleri tersebut untuk sementara absen dari perkemahan Persia, dimana Miltiades memerintahkan serangan umum terhadap infanteri Persia.

Dalam pertempuran berikutnya, Miltiades memimpin kontingennya sebesar 10.000 orang Athena dan 1.000 warga Plataeans untuk meraih kemenangan atas kekuatan Persia sebesar 15.000 pasukan dengan memperkuat sisi-sisi pejalannya dan dengan demikian menarik pasukan terbaik Persia untuk mendorong kembali pusatnya.
Pertempuran di pesisir pantai. Foto: Ancient Greek Battles
Untuk memenuhi kekuatan penyerbuan yang lebih besar, komandan Milisiade Athena memperlemah serangan dan memperkuat sisi sayap pasukan, dengan harapan para hoplites bisa bertahan di tengah, sementara sayapnya menerobos infanteri Persia yang lebih ringan. Sebenarnya, Athena telah kacau, tapi cukup lama bagi orang Atena untuk mengusir sayap Persia dan bertemu di belakang, menyebabkan kepanikan umum di antara penduduk.

Pasukan Persia mulai menarik mundur pasukan mereka. Persia telah kehilangan 6.400 pasukan tewas, semantara orang Yunani kehilangan 192 pria, termasuk Callimachus. Pertarungan tersebut membuktikan keunggulan tombak panjang, pedang, dan baju besi Yunani atas senjata Persia.

Hampir seketika, kemenangan "orang-orangg Marathon" menangkap imajinasi kolektif orang-orang Yunani. Gundukan upacara pemakaman dari 225 orang Athena yang legendaris dan orang-orang Platae yang setia didirikan di medan perang. Epigrams disusun dan mural panorama dipajang. Tidak mengherankan: ini adalah jam terbaik di Athena, ketika yeomen demokratisnya sendiri telah mengalahkan kekuatan kekaisaran Persia.

Menurut legenda, seorang utusan Athena dikirim dari Marathon ke Athena, dengan jarak tempuh sekitar 25 mil (40 km), dan di sana, dia mengumumkan kekalahan Persia sebelum meninggal karena kelelahan.

Kisah ini menjadi basis perlombaan lari maraton modern. Herodotus, menceritakan bahwa pelari yang terlatih, bernama Pheidippides, dikirim dari Athena ke Sparta sebelum pertempuran untuk meminta bantuan dari orang-orang Sparta.  Pheidippides dikatakan telah berlari menempu jarak 150 mil (240 km) dalam waktu sekitar dua hari.

Kerugian: Persia, 6.000 tewas dari 20.000; Yunani, 200 tewas dari 10.000.

0 Response to "Pertempuran Marathon 490 SM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel