Pidato Martin Luther King Jr: I Have a Dream


Kita mengenal sebuah ungkapan I Have a Dream yang merupakan bagian dari padato yang terkenal sepanjang masa. Pidato tersebut disampaikan pada 28 Agustus 1963 oleh Martin Luther King Jr.

Pidato tersebut disampaikan di hadapan lebih dari 200.000 pendukung hak-hak sipil, pidato tersebut masuk ke dalam peringkat pidato paling terkenal pada abad ke-20 di Amerika Serikat menurut jajak pendapat cendekiawan orasi tahun 1999.

Ketika Martin Luther King Jr berbicara mengenai persamaan hak dan kebebasan yang menurutnya merupakan sebuah "utopia" atau masyarakat khayalan dengan kualitas-kualitas yang sangat didambakan ataupun nyaris sempurna. Pada masa itu, AS menjadi bagian dari negara yang tingkat diskriminasi rasial cukup tinggi. Warga Afro-Amerika mendapatkan diskriminasi dan ketidaksetaraan dengan warga AS berkulit terang.

Pemisahan dilakukan terhadap warga AS yang berkulit hitam dengan putih. Pemisahan itu mencakup kesempatan bekerja, memperbaiki taraf perekonomian dan hak dalam mengenyam pendidikan. Bahkan pemisahan tersebut sampai pada kepemilikan seperti kendaraan, makan direstauran, dan segala elemen kehidupan.

Kemudian, pada 1964, Martin Luther King Jr dianugerahi penghargaan Nobel Perdamaian. Tahun yang sama, AS membuat langkah maju yang signifikan dengan meloloskan UU Hak Sipil.

"I have a dream that my four little children will one day live in a nation where they will not be judged by the color of their skin but by the content of their character."

"Saya punya mimpi bahwa empat anak saya suatu hari akan hidup di negara di mana mereka tidak akan dinilai oleh warna kulit mereka tetapi dari nilai karakter mereka."

Martin Luther King dilahirkan 15 Januari 1929 di sebuah keluarga pendeta Protestan Amerika. Ia dengan cepat terlibat dalam gerakan pembebasan hak kulit hitam sejak awal.


Untuk melihat "Teks Pidato" lengkap Martin Luther King Jr, 'I Have a Dream’  Klik Disini

0 Response to "Pidato Martin Luther King Jr: I Have a Dream"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel