Resolusi Teluk Tonkin


Presiden Lyndon B. Johnson berbicara di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, saat para pemimpin Kongres berdiri di samping mejanya untuk penandatanganan Resolusi Teluk Tonkin tahun 1964. Foto: stripes.com

Resolusi Teluk Tonkin (7 Agustus 1964) memberikan persetujuan kongres yang luas untuk perluasan Perang Vietnam. Selama musim semi tahun 1964, perencana militer telah mengembangkan rancangan rinci untuk serangan besar di Utara, namun pada waktu itu Presiden Lyndon B. Johnson dan penasihatnya khawatir bahwa publik Amerika tidak akan mendukung perluasan perang.

Namun pada musim panas, pasukan pemberontak telah menguasai hampir separuh Vietnam Selatan, dan Senator Barry Goldwater, calon presiden Partai Republik, mengkritik pemerintahan Johnson karena tidak mengejar perang dengan lebih agresif.
https://static01.nyt.com/images/2014/08/05/blogs/05iht-retrospective-USSmaddox/05iht-retrospective-USSmaddox-blog480.jpg
Kapal Perusak Maddox. Foto: Pinterest
Pada tanggal 2 Agustus, tak lama setelah serangan Klandestin di pantai Vietnam Utara dengan kapal perang Vietnam Selatan, kapal perusak AS Maddox melakukan spionase dan melepas torpedo terhadap kapal Vietnam Utara. Dua hari kemudian, di wilayah yang sama, Maddox dan perusak lainnya melaporkan bahwa mereka kembali diserang.

Meskipun laporan ini tampaknya salah, Johnson melanjutkan dengan cepat untuk memberi otorisasi serangan udara balasan terhadap Vietnam Utara. Keesokan harinya dia mengumpulkan para pemimpin kongres dan, tanpa mengungkapkan keadaan yang mungkin bisa membantu memprovokasi serangan torpedo, menuduh Vietnam Utara "melakukan agresi terbuka di laut lepas." 

Meskipun laporan ini tampaknya salah, Johnson melanjutkan dengan cepat untuk memberi otorisasi serangan udara balasan terhadap Vietnam Utara. Keesokan harinya dia mengumpulkan para pemimpin kongres dan, tanpa mengungkapkan bahwa AS pertama kali memprovokasi serangan torpedo, dan kemudian menuduh Vietnam Utara "melakukan agresi terbuka di laut lepas."

Presiden Lyndon Baines Johnson kemudian menyerahkan resolusi kepada Senat yang memberi wewenang kepadanya untuk mengambil "semua tindakan yang diperlukan untuk memukul mundur setiap serangan bersenjata melawan pasukan Amerika Serikat dan untuk mencegah agresi lebih lanjut." Resolusi tersebut dengan cepat disetujui oleh Kongres; Hanya Senator Wayne Morse dari Oregon dan Ernest Gruening dari Alaska yang menentangnya. 
File:Tonkin Gulf Resolution.jpg
Dokumen Resolusi

Dikabulkannya Resolusi Teluk Tonkin, memungkinkan pemerintah AS untuk bertindak tanpa konsultasi dengan Kongres terlebih dahulu mengenai keputusan-keputusan militer berikutnya di Vietnam. Kemudian, ketika informasi lebih banyak tentang Insiden Tonkin mulai tersedia, dapat disimpulkan bahwa Johnson dan penasihatnya telah menyesatkan Kongres untuk mendukung perluasan perang di Vietnam.

Enam tahun kemudian, di tengah meningkatnya kritik terhadap serangan Presiden Richard M. Nixon, resolusi tersebut dihentikan pada 31 Desember 1970. Namun pada kenyataannya, perang telah ditopang oleh alokasi militer berkelanjutan oleh Kongres AS, bukan karena dikeluarkannya Resolusi Tonkin. Meskipun demikian, Johnson sering mengutip resolusi tersebut sebagai bukti dukungan kongres, dan menganggap kritik terhadap perang sebagai simbol yang menghambat bagi AS memperluas peperangan di Vietnam.


0 Response to "Resolusi Teluk Tonkin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel