Valentina Tereshkova 'Wanita Pertama' yang Menjelajah Ruang Angkasa

Valentina Tereshkova, nama lengkap Valentina Tereshkova Vladimirovna merupakan kosmonot Uni Soviet yang lahir 6 Maret 1937, Maslennikovo, Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia, Uni Soviet). Tereshkova merupakan wanita pertama yang melakukan perjalanan ruang angkasa dan mengelilingi orbit Bumi.

Tereshkova merupakan wanita terpilih dari lebih 400 pelamar dan lima finalis untuk pilot Vostok. Pada tanggal 16 Juni 1963, Valentina Tereshkova diluncurkan bersama pesawat antariksa Vostok 6. Valentina Tereshkova berhasil menembus atmosfer dan mengelilingi sebanyak 48 kali orbit Bumi dalam waktu 71 jam. Di ruang angkasa ia bersama dengan Velery F. Bykovsky yang telah meluncur dua hari sebelumnya dengan Vostok 5.

Berkas:RIAN archive 612748 Valentina Tereshkova.jpg
Foto: RIA Novosti archive

Dalam rangka untuk bergabung dengan Cosmonaut Corps, Tereshkova ikut serta ke Angkatan Udara Uni Soviet dan dengan demikian ia juga menjadi warga sipil pertama yang terbang ke luar angkasa. Selama misi tiga hari, ia melakukan berbagai tes pada dirinya sendiri untuk mengumpulkan data pada reaksi tubuh perempuan selama di luar angkasa.

Meskipun sebagai orang sipil dan tidak mempunyai pelatihan pilot. Tereshkova pada awalnya adalah seorang pekerja pabrik perakitan tekstil dan penerjun amatir. Dan atas dasar ini ia diterima untuk program kosmonot ketika ia mendaptarkan diri pada tahun 1961. Pasca peluncurannya ke ruang angkasa, pada tanggal 3 November 1963 menikah dengan Andriyan G. Nikolayev yang merupakan seorang kosmonot juga.

File:RIAN archive 611957 Valentina Tereshkova and Andrian Nikolaev.jpg
Upacara pernikahan pilotkosmonot Valentina Tereshkova dan Andriyan Nikolayev, 3 November 1963. Foto: RIA Novosti archive

Mengalahkan Rekor Yuri Gagarin

File:RIAN archive 159271 Nikita Khrushchev, Valentina Tereshkova, Pavel Popovich and Yury Gagarin at Lenin Mausoleum.jpg
Dari kiri ke kanan: Yuri Gagarin, Pavel Popovich, Valentina Tereshkova, dan Nikita Khrushchev di Lenin Mausoleum, selama perayaan menghormati kosmonot Soviet, 1963. Foto: RIA Novosti archive

Tereshkova merupakan perempuan Rusia pertama yang meluncur ke luar angkasa ini sukses mengelilingi bumi 48 kali dalam waktu 70,8 jam, hampir 3 hari.

Sementara astronot pria pertama, Yuri Gagarin, hanya sempat mengelilingi bumi satu kali dan sebelum Tereshkova juga ada empat astronot Amerika yang bila dijumlahkan pencapaian mereka mengelilingi bumi, para pria itu hanya mengitarinya sebanyak 36 kali.

Sekembalinya dia ke bumi, dia mendarat dengan terjun payung dari ketinggian 20.000 kaki. Bisa dibayangkan betapa satu wanita mengalahkan rekor empat astronot sebelumnya.

Kehidupan Pasca menjadi Kosmonot

File:Valentina Tereshkova and Catherine Coleman.jpg
Valentina Tereshkova dan astronot NASA, Catherine Coleman di Gagarin Kosmonot Training Center pada bulan Desember 2010. Foto: NASA Galery

Setelah pembubaran kelompok pertama kosmonot perempuan pada tahun 1969, ia menjadi anggota terkemuka dari Partai Komunis Uni Soviet, memegang berbagai jabatan politik. Ia tetap aktif secara politik menyusul runtuhnya Uni Soviet dan masih dipuja sebagai pahlawan di Rusia pasca-Soviet.
Pada tahun 2013, ia menawarkan diri untuk pergi pada satu arah perjalanan ke Mars jika diperbolehkan.

Pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2014, dia adalah seorang pembawa bendera Olimpiade. Kini Tereshkova berusia 80 tahun.

0 Response to "Valentina Tereshkova 'Wanita Pertama' yang Menjelajah Ruang Angkasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel