Aliansi Amerika dan Prancis Dalam Menghadapi Inggris

Di Perancis, antusiasme mengenai kasus Amerika cukup tinggi: dunia intelektual Perancis sendiri mulai bergolak melawan feodalisme dan hak istimewa. Namun kerajaan memberikan dukungannya kepada koloni lebih  alasan geopolitik daripada ideologi: pemerintah Perancis sudah lama menginginkan pembalasan dendam terhadap Inggris raya sejak kekalahan Perancis pada 1763. Untuk lebih membantu Amerika, Benjamin Franklin dikirim ke Paris pada 1776. kecerdasan, kelihaian dan kemampuan intelektualnya segera membuat kehadiran mereka terasa di ibukota Perancis dan memainkan peranan besar dalam memperoleh bantuan Perancis
Benjamin Franklin di Prancis
source: historyisfun.org
Perancis mulai membantu koloni pada mei 1776, ketika mereka mengirim 14 buah kapal bermuatan perlengkapan perang ke Amerika. Faktanya, kebanyakan mesiu yang digunakan tentara Amerika berasal dari Perancis. Setelah kekalahan Inggris raya di Saratoga, Perancis melihat kesempatan untuk melemahkan musuh lamanya dan mengembalikan keseimbangan kekuatan yang diruntuhkan oleh Perang tujuh tahun (disebut Perang Perancis dan Indian di koloni Amerika). Pada 6 Februari 1778, koloni dan Perancis menandatangani traktat Perdamaian dan Perdagangan, di mana Perancis mengakui Negara Perserikatan dan menawarkan kontrak dagang. mereka juga menandatangani traktat Persekutuan, dengan syarat apabila Perancis turut berperang, tidak satu pun dari mereka yang akan meletakkan senjatanya hingga koloni tersebut meraih kemerdekaannya, tidak ada yang mengadakan perdamaian dengan Inggris raya tanpa persetujuan yang lainnya, dan masing-masing pihak menjamin hak milik pihak lain di Amerika. Inilah satu satunya traktat pertahanan bilateral yang ditandatangani Negara Serikat ataupun penerusnya hingga pada 1949.

Persekutuan Perancis-Amerika segera memperluas konflik. Pada juni 1778 kapal Inggris menembaki kapal laut Perancis, dan kedua negara pun berperang. Pada 1779 Spanyol, yang berharap bisa merebut kembali wilayahnya yang dicaplok Inggris raya pada Perang tujuh tahun, turut berperang sebagai sekutu Perancis, tetapi tidak sebagai sekutu Amerika. Pada 1780 Inggris raya mendeklarasikan perang terhadap Belanda karena tetap melanjutkan hubungan dagangnya dengan Amerika. kombinasi kekuatan eropa ini, dipimpin oleh Perancis, menjadi ancaman yang lebih besar bagi Inggris raya daripada koloni Amerika itu sendiri. 

0 Response to "Aliansi Amerika dan Prancis Dalam Menghadapi Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel