Andrew Carnegie

Andrew Carnegie sangat berperan dalam kemajuan besar dalam produksi baja. Carnegie, yang datang ke Amerika dari Skotlandia pada umur 12 tahun, bertumbuh dari seorang penggelendong di pabrik katun dan kemudian bekerja di kantor telegraf, lalu bekerja di pekerjaan yang sama di perusahaan kereta Pennsylvania. Sebelum mencapai umur 30 tahun, ia melakukan investasi-investasi yang cerdas dan jauh ke depan, dimana pada 1865, semuanya difokuskan kepada industri besi. Dalam beberapa tahun, dia memiliki atau memiliki saham di perusahaan yang membuat jembatan besi, rel kereta, dan lokomotif. Sepuluh tahun kemudian, ia membangun pabrik baja terbesar di negeri itu yang terletak dekat Sungai monongahela di Pennsylvania.
source: history.com
Ia mengambil alih kendali bukan saja pabrik baru, tapi juga kekayaan batu arang dan batu bara, bijih besi dari Danau Superior, searmada kapal uap dari Great Lakes, kota pelabuhan di Danau erie, dan jaringan rel kereta api. Bisnisnya, bergabung dengan selusin yang lain, mendapatkan persyaratan-persyaratan yang menguntungkan dari perusahaan kereta api dan perusahaan pengiriman barang. tidak pernah ada pertumbuhan industri seperti itu sebelumnya di Amerika Serikat.

Walaupun Carnegie menguasai dunia industri cukup lama, ia tidak pernah bisa memonopoli sumber daya alam, transportasi, dan pabrik industri yang terlibat dalam pembuatan baja. Pada 1890-an, perusahaan baru bermunculan untuk menantang dominasinya. Carnegie akhirnya terpaksa untuk menggabungkan kepemilikannya dengan perusahaan baru yang berkuasa atas kekayaan dan sumber daya yang penting pada industri besi dan baja di negeri itu.

0 Response to "Andrew Carnegie"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel