Clash of Titans: Pertempuran Ankara

Kapan: 20 Juli 1402
Dimana: Tchubuk, Ankara, Turki.
Siapa:
100.000 pasukan Timuriyah pimpinan Amir Timur-i-Lenk.
80.000 pasukan gabungan Utsmaniyah, ksatria Moravia Serbia dan pasukan bayaran Tatar yang dipimpin Yildirim Bayazid I. Awalnya pasukan Bayazid berjumlah 100.000 tetapi selama perjalanan untuk mengejar Timur sekitar 20.000 meninggal.


Latar belakang dari pertempuran kedua Penakluk Dari Timur ini terjadi beberapa tahun sebelumnya, saat Timur-i-Leng melancarkan 'Ziarah Penghancuran' di Syam dan Mesopotamia. Musuh bebuyutannya, Sultan Ahmad dari Baghdad dan Qara Yusuf, penguasa dinasti Kara Koyunlu melarikan diri dan mencari suaka dibawah perlindungan Bayazid I. Timur mengirim beberapa penawaran untuk menghukum mati, mengusirnya dari Anatolia atau mengirimnya kepada Timur untuk dihukum. Tetapi Bayazid selalu menolak.

Awalnya Timur enggan berperang. Pertama karena Utsmaniyah dan Timuriyah sesama adikuasa Muslim. Kedua karena Bayazid I sedang melancarkan perang terhadap orang Eropa.
Surat menyurat yang alot pun terjadi.

Dalam salah satu suratnya Timur menulis:

"Bijaklah dan bertobatlah, hindari pembalasan kami.
Kau tak lebih dari semut... Jangan memprovokasi gajah atau kau akan terinjak."

Kemudian Bayazid I membalas:

"Berperang adalah kebiasaan kami, bergabung dalam pertempuran adalah tujuan hidup kami, berjuang membela iman adalah tugas kami. Hukum terjun ke medan perang demi Allah adalah aturan kami... Tentara kami menghabiskan hidup dan kekayaan mereka untuk Allah sehingga mereka dapat memperoleh Surga."

Konflik pun tak terhindarkan. Pada tahun 1402, Amir Timur menyebrangi perbatasan dan mengepung Sivas. Kota itu direbut dan dijadikan Timur sebagai markasnya dan langsung bergerak ke barat, mengepung Ankara. Begitu mendengar kabar itu, Bayazid membubarkan pengepungan Konstantinopel dan bergerak menuju Ankara. Amir Timur kemudian mundur ke Anatolia Timur sembari menghancurkan desa dan kota yang dilewatinya. Terpancing, Bayazid I yang telah menduduki Ankara keluar dari tempat bertahan yang baik dan memaksa pasukannya yang kelelahan mengejar musuh.

Bayazid kemudian mengejarnya jauh ke timur Anatolia sampai mata-mata Bayazid tidak menemukan tanda-tanda pasukan Amir Timur. Bayazid kemudian bergerak menuju utara, mengira ia berada disana. Secepat menghilangnya, Amir Timur muncul di Kirsehir, sebelah tenggara Ankara. Tiga hari kemudian mereka sampai di Ankara, tempat dimana beberapa minggu sebelumnya Bayazid berada. Dengan terkejut Bayazid bertolak menuju Ankara sekali lagi.

Akhirnya kedua pasukan bertemu di padang Tchubuk, Ankara. Pasukan Amir Timur terdiri dari pasukan utama berupa kavaleri Turko-Mongol dan beberapa gajah perang dari kampanye India. Sementara pasukan Bayazid I terdiri dari kavaleri Sipahi, Janissari, ksatria Serbia dan pasukan bayaran Tatar.

Awalnya pertempuran berjalan seimbang dimana sayap kiri Turko-Mongol menyerang dan tertahan oleh ksatria Serbia pimpinan Lazar Hrebeljanovic. Sementara disayap kiri Utsmaniyah, situasinya tak jauh berbeda sampai pasukan bayaran Tatar yang ditempatkan di sayap kiri membelot dan menghancurkan bagian belakang Utsmaniyah. Saat keadaan kacau balau, kedua sayap pasukan Utsmaniyah melarikan diri, menyisakan Bayazid di bagian tengah dengan 8.000 pasukan yang setia.
Akhir pertempuran, perlawanan terakhir dari Janissari dipatahkan dan Bayazid I berhasil ditangkap di pegunungan malam harinya.

Inilah sepanjang sejarah dimana seorang sultan Utsmaniyah ditawan. Empat bulan kemudian, Bayazid I meninggal di penahanan.

Banyak sejarawan berpendapat bahwa hasil akhir dari pertempuran ini menyelamatkan Eropa - pasukan Bayazid I sedang menggerogoti Hungari dan Wallachia, serta sedang mengepung Konstantinopel. Bagi Utsmaniyah, kekalahan ini menjadi pemicu perang saudara selama 'Ottoman Interregnum'. Sementara bagi Amir Timur, kemenangan besar ini memantapkan posisinya di barat dan beliau dapat melaksanakan mimpi besarnya: kampanye militer melawan Kaisar Ming di Tiongkok.

0 Response to "Clash of Titans: Pertempuran Ankara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel